Mengecek Tulisan Ucapan Lebaran yang Sesuai Transliterasi

Mengecek Tulisan Ucapan Lebaran yang Sesuai Transliterasi

Posted on

Transliterasi Ucapan Lebaran

Setiap lebaran, hampir di setiap ucapan selamat Idul Fitri selalu terkandung kalimat “transliterasi”, atau alih aksara dari kalimat berbahasa arab yang ditulis dalam aksara latin.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Ambil contoh “Taqabbalallahu minna wa minkum”, yang merupakan transliterasi kalimat doa: تقبّل الله منا و منكم, yang berarti “semoga Allah menerima [seluruh amal ibadah dan puasa] kita dan anda sekalian”.

Atau ucapan khas muslim Indonesia, “Minal ‘aidin wal faizin”, yang merupakan transliterasi kalimat doa: من العائدين والفائزين, yang berarti “[semoga Allah memasukkan kita] dalam golongan orang-orang yang kembali [kepada fitrah, kesucian] dan orang-orang yang beruntung [mendapatkan rahmat dan ampunan]”.

Sebenarnya transliterasi standar ada panduannya, dapat kita rujuk pada aturan SKB dua menteri (Kementerian Agama dan Kemendikbud, tahun 1987).

Katakanlah ucapan-ucapan yang kita terima seringkali tak mengikuti transliterasi standard, namun seminimalnya kalimat itu benar dari segi pembacaan.

Baca Juga >  Apakah Amplop Kiai Berkaitan dengan Gratifikasi?

Yang agak mengganjal adalah transliterasi – transliterasi salah (entah salah ketik, ketidak tahuan, atau copas) yang kesalahannya tersebut menjadi umum saat ini. Saya bawakan beberapa contoh:

-Minal aidzin wal faidzin.
-Minal aizin wal faidzin.
-Minal aidzin wal faizin.
-Minal aidzin wal faidin.
-Minal aidin wal faidin.
-Minal aizin wal faidin.

Atau
-Taqabballahu minna wa minkum.
-Taqabbalahu minna wa minkum.

Bisa jadi, bagi yang menerima pesan, mungkin memaklumi bahwa yang penting adalah maksud ucapannya. Tapi seyogyanya bagi kita yang akan mengirim ucapan, agar mengecek rangkaian transliterasi ucapannya.

Taqabbalallahu minna wa minkum, minal ‘aidin wal faizin.

Mohon maaf lahir dan batin.

Penulis: Dr Khoirul Himmi Setiawan, alumnus Madrasah Raudlatul Ulum Guyangan Pati, sekarang jadi Peneliti LIPI.

Mengecek Tulisan Ucapan Lebaran yang Sesuai Transliterasi