abdul shomad ganti syekh

Syekh Abdul Shomad, Selamat Jadi Anggota Ahli Thoriqoh al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah

Posted on

TAMU HABIB LUTHFI

Entah sudah berapa ratus tokoh nasional, menteri, bahkan presiden, datang berkunjung ke ndalem Maulana Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan, termasuk tokoh tokoh dunia internasional.

Tidak hanya itu, para ulama’ dunia juga sering berkunjung kepada beliau. Mulai dari Ulama’ Mesir, Suriah, Yaman, Libanon, Maroko, Sudan, dan berbagai belahan negara menyempatkan datang berkunjung kepada beliau.

Begitu juga tokoh tokoh ormas, tak melewatkan mengunjungi pimpinan kaum sufi ini. Ya, beliau adalah Maulana Habib Lutfhfi bin Yahya mursyid Toriqoh dengan murid jutaan orang.

Kali ini beliau mendapat tamu yang istimewa. Seorang ulama’ muda dari Sumatra, dai yang sedang terkenal, dan memiliki pengikut yang juga besar. Namanya Syekh Abdus Shomad. Gelar Syekh itu beliau berikan sendiri kepada Syekh Abdus Shomad.

Namun demikian saya yakin, bukan itu yang membuat Al Habib bahagia. Tetapi melihat potensi dakwah yang merekatkan umat yang beliau selalu wasiatkan. Syekh Abdus Shomad menjadi harapan baru bagi jalan dakwah yang sejuk, netral, dan lintas golongan.

Selama ini umat terkotak kotak oleh politik. Terpecah pecah oleh pilkada, pilgub bahkan pilpres. Jurang perpecahan umat semakin melebar. Pertumpahan darah hanya menunggu moment. Ibarat semak semak kering yang siap terbakar oleh titik api sekecil apapun.

Baca Juga >  KH Ali Maksum itu Waliyullah, Ini Buktinya!

Sebagai orang yang berada di barisan kaum sufi, kondisi bangsa ini sungguh mencemaskan beliau. Sehingga beliau sering hadir dan berusaha menyiram air nasehat untuk semua elemen bangsa.

Maka harapan kepada sosok Abdus Shomad sebagai perekat umat bukan sesuatu yang main-main. Apalagi ulama’ muda ini berendah hati berbai’at kepada sang Mursyid. Maka bertambah lengkaplah barisan ulama’ perekat bangsa.

Ini adalah hadiah yang luar biasa dari Allah SWT buat kaum muslimin dan bangsa Indonesia. Saya juga meyakini, ini adalah barokah sholawat Asyghil yang terus kita baca. Karena itu sepatutnya kita semua ikut bersyukur.

Selamat menjadi anggota jamaah ahli thoriqoh muktabaroh an-nahdliyah Syekh Abdus Shomad. Semoga menjadi kekuatan yang meneguhkan, dan menguatkan sebagai mana semboyan kita “al muslim lil muslim kalbunyani, yasudu ba’duhu ba’don”, insya Allah.

Terima kasih kepada semua alim ulama’ yang telah menjadi bagian ihtiar menguatkan ukhuwah ini.

Penulis: Supariyanto.