Kenikmatan Alam Kubur Sayyid Alawi Al-Maliki

Kenikmatan Alam Kubur Sayyid Alawi Al-Maliki

Posted on

Kenikmatan Alam Kubur Sayyid Alawi Al-Maliki.

Ini tentang kedermawanan Sayyid Alawi Al-Maliki. Dikisahkan, Sayyid Alawi Al-Maliki (Ayahanda Sayyid Muhammad Al-Maliki) merupakan seorang Ulama besar Mekah. Beliau memiliki rumah yang besar dan indah di kawasan Mina pinggiran Kota Mekah yang berdampingan dengan sebuah madrasah.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Pada suatu hari beliau sekeluarga mengunjungi rumah tersebut. Setibanya di sana, istri dan anak-anaknya langsung memasuki rumah indah itu, tetapi Sayyid Alawi tidak langsung masuk. Beliau tertegun melihat para murid di samping rumahnya melaksanakan kegiatan belajar mengajar di luar ruangan. Ketika Sayyid Alawi bertanya apa penyebabnya, para guru dan murid menjawab bahwa gedung sekolah mereka telah habis masa kontrak, hingga mau tidak mau mereka harus keluar dan bingung hendak kemana.

Seketika itu Sayyid Alawi bergegas menemui keluarganya yang hendak beristirahat di rumah itu. Kemudian beliau berkata, “Mari kita pulang, rumah ini bukan rumah kita lagi. Saya mewaqafkannya untuk madrasah sebelah yang lebih membutuhkan”.

Waktu telah berlalu sampai akhirnya Sayyid Alawi wafat. Sampai suatu hari putra Sayyid Alawi yang bernama Sayyid Abbas bertanya kepada abangnya (Sayyid Muhammad Al-Maliki) “Kenapa ayah kita mewaqafkan rumah yang demikian indah dan luas untuk madarasah itu sedangkan saya sendiri anaknya belum punya rumah?”. Demikian terus menerus setiap bertemu Sayyid Muhammad beliau selalu menanyakan hal yang sama tanpa sekalipun dijawab oleh Sayyid Muhammad.

Baca Juga >  Kiai Mas'adi Nawawi Jepara, Orang Alim yang Hidupnya Khumul

Tiba suatu malam, Sayyid Abbas bermimpi berjumpa Ayahnya (Sayyid Alawi) yang didapatinya sedang berada dalam kenikmatan alam kubur. Ayahnya berada di tempat yang indah dan jamuan makan yang luar biasa megahnya. Maka sang ayah berkata kepada Sayyid Abbas:

هذا من بركة البيت الي في منى يا عباس

Artinya: “Ini semua berkah rumah (yang aku wakafkan) di Mina, wahai Abbas.”

Sayyid Abbas pun terbangun, di pagi harinya beliau bergegas menuju rumah Sayyid Muhammad dengan wajah berseri-seri untuk menceritakan mimpi tersebut. Setibanya di sana sambil mendendangkan syair-syair maulid tiba-tiba dari jendela tingkat atas Abuya Sayyid Muhammad menyambut kedatangan adiknya sambil tersenyum dan berkata:

هذا من بركة البيت الي في منى يا عباس

Kisah ini disampaikan oleh Habib Sholeh Alaydrus.

Demikian kisah Kenikmatan Alam Kubur Sayyid Alawi Al-Maliki, semoga bermanfaat.

Penulis: Bent Hasan.