Sejarah Nama Alawi dalam Kisah Ayahanda Sayyid Muhammad Al-Maliki

Sejarah Nama Alawi dalam Kisah Ayahanda Sayyid Muhammad Al-Maliki

Posted on

Sejarah Nama Alawi dalam Kisah Ayahanda Sayyid Muhammad Al-Maliki.

Dalam silsilah nasab Abuya Al-Maliki tidak dikenal nama “Alawi”, bahkan tidak seorang pun dari kakek moyang beliau yang bernama “Alawi”, kecuali ayahanda beliau sendiri, yakni As-Sayyid Alawi al-Maliki.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Konon penamaan “Alawi” merupakan bisyarah dari al-quthub al-Habib Ahmad bin Hasan al-Athas, seorang habib agung dan wali besar dari Hadramaut yang pernah bermukim di al-Haramain. Beliau adalah guru para ulama di zamannya, termasuk kakek Abuya sendiri, yaitu as-Sayyid Abbas al-Maliki.

Sekali waktu, as-Sayyid Abbas sowan kepada al-Habib Ahmad untuk meminta doa dari beliau agar Allah SWT menggaruniakan kepadanya seorang anak lelaki sebagai penerus dakwahnya. Entah sudah berapa tahun as-Sayyid Abbas berkeluarga, tetapi belum juga dikaruniai seorang anak lelaki.

Akhirnya sang Habib mengabulkan permintaannya, namun dengan satu syarat, yaitu jika Allah berkenan memberinya seorang anak laki-laki, maka ia harus memberinya nama “Alawi” , sebuah nama ala masyarakat Hadramaut. Dengan tanpa ragu, as-Sayyid Abbas pun langsung menyetujuinya, meskipun nama itu belum pernah ada di silsilah nasab beliau.

Tak lama kemudian, al-Hubabah …( istri as-Sayyid Abbas ) hamil. Dan ketika melahirkan, ternyata bayi yang lahir betul-betul berjenis kelamin laki-laki. Maka , as-Sayyid Abbas langsung menamakannya “Alawi”.

Masya Allah, Wallahu A’lam bissawab.

Demikian Sejarah Nama Alawi dalam Kisah Ayahanda Sayyid Muhammad Al-Maliki, semoga bermanfaat.

Baca Juga >  Syekh Mahfudz Tremas dan Kisah Jodoh yang Tertukar

Sumber: Kitab نهايۃ العز والشرف, karya Habib Musthofa Al-Jufri, salah satu santri Dakhili Abuya As Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki Al Hasani, hal. 234.

Penulis: Muhammad Fuad.

Berikut ini salah satu video tentang kisah keluarga Al-Maliki di Makkah, yakni tentang Sayyid Ahmad Al-Maliki. Silahkan menikmati di Bangkit TV.