Kebahagiaan Hakiki Orang Berilmu

  • Whatsapp
Kebahagiaan Hakiki Orang Berilmu

Kebahagiaan Hakiki Orang Berilmu.

Allah SWT memerintahkan kepada para hamba-Nya untuk senantiasa belajar. Sebab dengan belajar, Allah menjanjikan akan menaikkan beberapa derajat. Dalam QS Al Mujadilah (58) ayat 11 dinyatakan, “….niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Jika Allah telah berjanji maka janji itu benar adanya. Dan jika telah dinaikkan derajat oleh Allah, maka kemuliaan orang-orang yang berilmu juga benar adanya. Mengapa ilmu itu mulia?

Banyak ulama telah memberikan penjelasan kepada kita. Ilmu terdiri dari tiga huruf, yakni ‘ain, lam, dan mim. Huruf ‘ain merujuk pada ‘Illiyyin atau peningkatan derajat seseorang di tempat yang mulia. Sesungguhnya orang berilmu itu memiliki derajat tertentu—sebagaimana termaktub dalam ayat di atas.

Sementara huruf lam merujuk pada kata latif yang bermakna kelembutan. Karenanya orang yang memiliki ilmu seyogianya mampu memiliki dan mengolah rasa serta perilakunya penuh kelembutan. Ia mudah bersahabat dan ramah, bukan yang marah. Orang berilmu membina bukan menghina, mengajak tidak mengejek, mengajar tidak menghajar, merangkul tidak memukul dan tampil penuh senyum dalam segala kondisi yang dihadapinya.

Sedang huruf mim merujuk pada mulk atau raja. Raja dalam pengertian simbol pengendalian diri. Orang yang dibekali ilmu akan bahagia hakiki di dunia dan akhirat. Dia akan menang perang dalam melawan hawa nafsu. Dan akhirnya ia akan memiliki kerajaan berupa kekayaan batin yang tak ternilai harganya.

Namun perjuangan meraih ilmu tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Penuh perjuangan, butuh waktu yang lama, dan mesti sabar. Ia tak bisa serta merta didapat dengan cara instan. Dan dengan menikmati proses menuntut ilmu tadi, sesungguhnya kita sedang mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita. Jika telah bersyukur, lagi-lagi janji Allah, akan ditambah nikmat kita.

Demikian tentang Kebahagiaan Hakiki Orang Berilmu, semoga manfaat. Wallahu a’lam.

Penulis: Bramma Aji Putra, Pranata Humas Kanwil Kementerian Agama DIY.

Info Peluang Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *