makam mbah marzuqi giriloyo

Ini Tiga Perkara yang Dilarang Mbah Kiai Marzuqi Giriloyo

Posted on

Simbah Kiai Marzuqi Giriloyo adalah sosok kiai kharismatik. Orangnya kuat secara fisik, apalagi secara spiritual. Jejak hidup Kiai Marzuqi penuh dengan pengabdian kepada masyarakat. Semua mengakui, semua bangga, apalagi warga Gunungkidul.

Perjalanan hidup Kiai Marzuqi penuh warna dan selalu menjadi teladan bagi umat. Tetapi ada tiga hal utama yang menjadi pakem larangan yang selalu ditegaskan Kiai Marzuqi. Siapapun orangnya yang terkait tiga hal ini, pasti Kiai Marzuqi akan mengingatkannya.

Info Peluang Usaha Depot Air Minum Isi Ulang by INVIRO

Pertama, Kiai Marzuqi melarang dan mengharamkan adanya kebijakan pemerintah terkait Keluarga Berencana (KB) bagi masyarakat Indonesia. Kiai Marzuqi ingin selalu membahagiakan Rasulullah dengan memperbanyak umatnya, makanya Kiai Marzuqi sangat tegas tolak KB.

Kedua, Kiai Marzuqi melarang dan mengharamkan praktek dunia perbankan. Kiai Marzuqi menolak dengan tegas terkait riba, karena riba sangat membahayakan umat Islam. Kiai Marzuqi tidak menerima alasan apapun, itulah prinsip hidup yang dipegang oleh beliau.

Ketiga, Kiai Marzuqi melarang keras adanya anggapan bahwa semua agama di Indonesia itu baik dan benar. Bagi Kiai Marzuqi, sudah jelas bahwa agama Islam adalah agama yang diakui oleh Allah SWT. Maka, jangan sampai ada ucapan semua agama itu baik dan benar. Ini membahayakan akidah umat Islam.

Baca JugaKiai Marzuqi Jalan Kaki Dakwahkan Islam di Gunungkidul

Tiga larangan ini selalu ditegaskan Kiai Marzuqi kepada siapa saja. Baik itu rakyat atau pejabat, laki-laki atau perempuan, kecil atau besar, kiai atau santri.

Baca Juga >  Kisah Laki-Laki yang Matinya Dimuliakan Sultan Murad IV

“Tidak sedikit kiai yang mendapat kaplok (tamparan) dari Mbah Marzuqi. Bahkan pernah ada rombongan habaib yang ketika hendak sowan malah ditolak Mbah Marzuqi. Itulah beliau, sangat tegas kalau sudah terkait prinsip,” tegas Kiai Ahmad Zabidi Marzuqi dalam diskusi dengan Bangkit (13/03).

“Ketika menampar orang lain, itu sama sekali tidak ada kebencian dalam diri Mbah Marzuqi. Itu justru wujud kasing sayang Mbah Marzuqi kepada sesama. Itulah yang dirasakan para santri dan masyarakat,” lanjut Kiai Ahmad Zabidi di kediamannya.

Kiai Marzuqi memang sangat tegas terkait prinsip. Justru itulah yang membuat masyarakat semakin ta’dzim kepada Mbah Marzuqi. Itulah sosok kiai, punya prinsip hidup yang menjadi panutan umat. Walaupun generasi penerusnya beda pendapat, tidak mengurangi rasa hormat dan ta’dzim kepada Kiai Marzuqi. (md)

*Tulisan ini merupakan hasil wawancara tim bangkitmedia.com dengan KH. Ahmad Zabidi Marzuqi, putra KH. Ahmad Marzuqi Romli, pada Senin (12/3/18)