Sejarah Hidup Umar bin Khattab yang Tak Banyak Diketahui

Sejarah Hidup Umar bin Khattab yang Tak Banyak Diketahui

Posted on

Sejarah Hidup Umar bin Khattab yang Tak Banyak Diketahui.

Sayyidina Umar bin Al-Khothob menikah sebanyak tujuh kali, kemudian istrinya ada yang ditalak. Beliau mempunyai 13 anak.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Sebelum Islam, Umar bin Al-Khothob menikah dengan:

1. Qoribah binti Abi Umayyah bin Al-Mughiroh bin Makhzum Al-Mahzumiyyah. Setelah Umar masuk islam, Qoribah masih dalam keadaan syirik dan tetap menjadi istri Umar beberapa waktu lamanya. Setelah turun ayat 10 surat Al-Mumtahanah yang melarang pernikahan dengan perempuan kafir, maka Sayyidina Umar pun mencerai Qoribah setelah Shulhul Hudaibiyah tahun enam hijriah. Ia kemudian dinikahi oleh Muawiyah bin Abi Sufyan, tetapi kemudian ia pun cerai.

Dari pernikahan dengan Sayyidina Umar, ia tidak mempunyai seorang anak pun.

2. Ummu Kultsum Mulaikah binti Jarwal Al-Khuzaiyyah. Ia dinikahi oleh Sayyidina Umar pada masa jahiliah dan dicerai setelah Shulhul Hudaibiyah. Ia kemudian dinikahi oleh Abu Jahm bin Hudzaifah.

Dari pernikahan antara Sayyidina Umar dengan Ummu Kulsum ini dikaruniai dua putra, yaitu Zaid dan Ubaidillah.

3. Zainab binti Madz’un bin Hubaib bin Wahb bin Hudzafah bin Jumah Al-Jumahiyyah. Setelah datangnya islam, ia masuk Islam bersama Sayyidina Umar dan hijrah bersama ke Madinah.

Dari pernikahan ini, keduanya dikaruniai tiga anak, Abdulloh bin Umar, Hafshoh Ummul Mu’minin, Abdurrahman dan Abdulloh.

Setelah islam, Umar menikah kembali dengan:

1. Jamilah binti Tsabit bin Abi Al-Aqlah Al-Aushiyyah. Pernikahan ini terjadi pada tahun tujuh hijriah dan dikaruniai seorang putra bernama Ashim.

Umar kemudian cerai dengan Jamilah, setelah itu ia dinikah oleh Zaid bin Haritsah, kemudian dikaruniai putra bernama Abdurrahman bin Zaid, saudara ibu dari Ashim bin Umar.

2. Atikah binti Zaid bin Amr bin Nufail bin Adi Al-Adawiyyah. Ia adalah saudara dari Sa’id bin Zaid salah satu dari sepuluh orang yang dikabarkan gembira dengan surga.

Baca Juga >  Sahabat dan Keluarga Nabi yang Wafat di Bulan Ramadhan

Dari pernikahan ini, keduanya dikaruniai seorang anak bernama Iyadl bin Umar. Setelah Umar meninggal, ia dinikahi oleh Al-Zubair bin Al-Awwam.

3. Ummu Hakim binti Al-Harist bin Hisyam bin Makhzum. Sebelumnya, ia adalah istri dari Ikrimah bin Abi Jahl yang gugur pada perang Yarmuk. Ia kemudian dinikahi oleh Kholid bin Sa’id bin Al-Ash yang kemudian gugur di medan perang Marojil Shofr. Setelah itu, Ummu Hakim dinikahi oleh Sayyidina Umar bin Al-Khothob, dan mempunyai putri bernama Fathimah binti Umar.

4. Ummu Kultsum binti Sayyidina Ali bin Abi Tholib. Sayyidina Umar menikah dengannya saat ia masih kecil pada tahun tujuh belas hijriah. Ummu Kultsum ini adalah istri terakhir Sayyidina Umar. Ia hidup bersama suami sampai terbunuhnya Umar ditangan Fairuz Abu Lu’lu Al-Majusi.

Dari pernikahan ini dikaruniai anak bernama Zaid dan Ruqoyyah. Hal ini seperti diungkapkan oleh imam Zuhri dan ulama’ lainnya. Setelah Umar meninggal, Ummu Kultsum menikah dengan Muhammad bin Ja’far bin Abi Tholib.

Dari kisah ini kita bisa mendapatkan pelajaran bahwa Sayyidina Umar pada mulanya menjadi mertua dari Rosululloh yang menikah dengan Hafshoh binti Umar. Kemudian pada masa kekhalifahan, Sayyidina Umar menikah dengan Ummi Kultsum putri dari Sayyidina Ali dan Sayyidatina Fathimah Az-Zahra.

Demikian kisah Sejarah Hidup Umar bin Khattab yang Tak Banyak Diketahui, semoga bermanfaat.

Penulis: Kanthongumur, santri Mbah Maimoen.