gus dur

Saat Gus Dur Membuka Rahasia Wali Mastur dari Mesir

Posted on

Gus Dur dikenal luas sebagai ulama’ masyhur di Nusantara. Makamnya sampai saat ini tak pernah sepi dari peziarah. Mereka yang ziarah wali Songo biasanya akan menyempurnakan perjalanannya untuk mengunjungi Tebuireng Jombang, makam Gus Dur bersama ayah dan kakeknya.

Kewalian Gus Dur banyak dikisahkan masyarakat. Kali ini, kisah nyata yang diceritakan Ketua Umum PBNU Prof KH Said Aqil Siraj. Saat itu, Kiai Said menemani Gus Dur dalam suatu perjalanan umroh. Selain Kiai Said, juga ditemani KH Nur Muhammad.

“Pada waktu isya’, Gus Dur ngajak kita jalan mencari ulama’. Ada ulama’ dengan surban yang gagah, kitab yang banyak, dan murid yang tidak sedikit. Gus Dur tidak mau. Kita jalan lagi bersama Gus Dur untuk mencari ulama’ lagi,” kisah Kiai Said.

Setelah mencari-cari, akhirnya Gus Dur mengajak berhenti. Saat itu, ada orang Mesir sendirian sedang berdzikir. Surbannya juga kecil. Sajadahnya sendirian. Akhirnya Kiai Said diperintahkan Gus Dur untuk berbicara dengan orang Mesir itu.

“Assalamu’alaikum… Ini KH Abdurrahman Wahid, ketua jam’iyyah Islam terbesar di Indonesia, yakni Nahdlatul Ulama. Datang ke sini untuk meminta doa,” kata Kiai Said yang jadi juru bicara Gus Dur.

Baca Juga >  Mengapa Gus Dur Dicintai Jutaan Manusia?

“Mau doa apa?,” kata orang Mesir itu.

Gus Dur kemudian mengatakan kepada Kiai Said agar meminta doa selamat dunia akhirat. Akhirnya, orang Mesir itu mendoakan Gus Dur bersama rombongannya selama 5 menit. Setelah doa, orang Mesir itu kemudian lari sambil menyeret sajadahnya.

“Ya Tuhanku, apa dosaku sampai Engkau membuka rahasiaku kepada orang ini,” kata orang Mesir itu.

Menurut Kiai Said, orang Mesir itu adalah sosok Wali yang sedang bersembunyi (mastur).

“Orang Mesir itu wali yang bersembunyi. Hanya Gus Dur yang bisa mengetahuinya saat itu,” kata Kiai Said.

Itulah sekelumit kisah Kiai Said yang pernah menyaksikan kewalian Gus Dur. Kisah ini membuktikan sosok Gus Dur memiliki mata batin yang sangat tinggi, sehingga sampai wali Mesir yang bersembunyi di Madinah bisa dibuka rahasianya. Semoga berkah melimpah kepada kita semua. Amiiin. (Abu Umar/Bangkitmedia.com).