Maqolah Gus Wafi Maimoen tentang Ziarah Makam Orang Tua

Posted on

Salah satu putra KH Maimoen Zubair adalah KH Wafi Maimoen. Sosok kiai muda yang alim, ilmunya luas, dan selalu istiqomah dalam mendidik santri.

Gus Wafi, sapaan akrabnya, menulis ihwal ziarah ke makam orang tua pada Jum’at 16 Agustus 2019. Berikut ini tulisan selengkapnya:

قال النبي: *”مَنْ زَارَ قَبْرَ أَبَوَيْهِ أَوْ أَحَدَهُمَا فِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّةً غَفَرَ اللَّهُ لَهُ وَكَانَ بَارًّا بِوَالِدِيهِ”*. رواه أبو هريرة مرفوعا.

“Barangsiapa yang menziarahi sekali makam kedua orang tuanya pada setiap Jumat (seminggu sekali), niscaya Allah mengampuninya dan ia tercatat sebagai anak yang berbakti kepada keduanya”.

NU Care LazisNU Jogja KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

وفي رواية: *”مَنْ زَارَ قَبْرَ وَالِدَيْهِ كُلَّ جُمُعَةٍ أَوْ أَحَدِهِمَا فَقَرَأَ عِنْدَهُ يَس وَالْقُرْآنِ الْحَكِيمِ غُفِرَ لَهُ بِعَدَدِ ذَلِكَ آيَةً وَحَرْفًا”.*

“Barangsiapa yang menziarahi makam kedua orang tuanya setiap Jumat, lalu membacakan Surat Yasin, maka diampuni baginya dosa sebanyak ayat dan huruf surat Yasin.”

Baca Juga >  Ketika Gus Dur Mengutus Kiai Ma'ruf Amin Sowan Kiai Hamid Kajoran

وفي رواية: *”مَنْ زَارَ قَبْرَ وَالِدَيْهِ أَوْ أَحَدِهِمَا يَوْمَ الْجُمُعَةِ كَانَ كَحَجَّةٍ”.*

“Barangsiapa yang menziarahi makam kedua orang tuanya pada hari Jum’at, maka ia bagaikan melakukan ibadah haji.”

(red)