Rahasisa Kecerdasan Gus Dur

Karomah Gus Dur Menggetarkan Jamaah Haji di Tanah Suci

Posted on

Karomah Gus Dur Menggetarkan Jamaah Haji di Tanah Suci

KH. Abdurrahman Wahid merupakan salah satu sosok Kiai dan Ulama’ sangat terkenal dengtan candaan yang khasnya. candaan Gus Dur bisa dinikmati oleh semua kalangan baik dari kaum awam, santri hingga pejabat negara. Selain candaan Gus Dur yang sangat melegenda itu, Gus Dur juga merupakan sosok ulama’ yang memiliki banyak karomah. tidak sedikit para Kiai dan juga semua orang yang berinteraksi dengan Gus Dur merasakan langsung karomah dari cucu KH. Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdlatul Ulama ini.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Dikisahkan pada waktu di Makkah Almukarramah tahun 1984, kisah ini di alami sendiri oleh H. Sunar (demikian kawan saya yang alumni Pondok Prajjan, Sampang, ini berkisah) adalah salah satu anggota rombongan jamaah haji bersama KH. Zainuddin Djazuli Ploso dan seorang kiai lain, (sebut saja) Kiai Fulan. Konon, Kiai Fulan yang berangkat dari Yaman ini baru tertimpa musibah: uang bekal beliau senilai USD 1.400 raib dicuri. Maka H. Sunar pun berinisiatif berbagi bekalnya dengan beliau untuk beberapa kebutuhan harian, sampai akhirnya bekal itu pun menipis, tinggal 10 Reyal, sedangkan jadwal kepulangan masih lama.

Baca Juga >  Bisyir bin Harits, Seorang Wali Allah dari Dunia Pemabuk

Suatu hari, Mbah Yai Din mengajak dua teman beliau ini sowan pada KH. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang kebetulan juga tengah berada di Tanah Suci. Pertemuan berlangsung hangat dan tentunya gayeng dengan candaan-candaan khas Gus Dur, sampai akhirnya rombongan pengasuh PP. Al Falah Ploso itu mohon pamit. Dan, Gus Dur nyangoni uang pada para tamunya ini.

Setelah tiba di maktab (penginapan untuk jamaah haji), H. Sunar membuka sangu yang ia terima, dan bersyukur sekali mendapat 1.800 Reyal, lebih dari cukup sebagai bekal sampai hari kepulangan. Adapun Kiai Fulan, beliau ini tidak hanya bersyukur, tapi juga takjub, karena ternyata sangu yang beliau terima adalah USD 1.400,- pas, tak kurang, tak lebih.

Lahumul alFatihah…

Demikian Karomah Gus Dur Menggetarkan Jamaah Haji di Tanah Suci. Semoga bermanfaat.

Penulis: KH Zainur Rahman van Hamme, PP. ALMUQRI PRENDUAN