Ramadan2
Sejarah

Catatan Peristiwa Besar yang Terjadi di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan menjadi istimewa di antara sebelas bulan lainnya. Pada bulan yang mulia ini, semua umat Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah yang sama, mulai dari puasa, shalat tarawih, witir dan lain sebagainya. Bulan puasa pun menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Selain memiliki banyak keutamaan, ternyata ada beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi pada Bulan Ramadan. Apa saja peristiwa tersebut?

  1. Al Qur’an Diturunkan

Kitab Suci Al-Qur’an yang merupakan kitab suci umat Islam, turun pertama kali saat Bulan Suci Ramadan. Tepatnya pada tanggal 17 Ramadan Peristiwa besar tersebut dikenal dengan Nuzulul Qur’an. Pada peristiwa tersebut turun lima ayat yakni Surat al-Alaq ayat 1-5. Wahyu pertama yang berisi surat tersebut disampaikan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad saat berkhalwat di Gua Hira selama berbulan-bulan. Turunnya al-Qur’an ini juga menandakan bahwa Nabi Muhammad telah diangkat menjadi seorang nabi sekaligus rasul yang memiliki kewajiban menyampaikan risalah dari Allah.

  1. Perang Badar

Perang Badar adalah perang yang terjadi antara umat Islam melawan kaum Kafir Quraisy. Perang ini terjadi pada hari Jum’at  2 ramadan tahun ke-2 hijriyah. Dalam perang ini, umat Islam meraih kemenangan gemilang karena berhasil mengalahkan pasukan Kafir Quraisy. Padahal jumlah pasukan Kafir Quraisy lebih banyak daripada pasukan muslim. Jumlah pasukan Kafir Quraisy sebanyak 1.000 pasukan sementara pasukan Islam hanya 313 pasukan.

  1. Fathu Makkah (Pembebasan Kota Makkah)

Fathu Makkah atau pembebasn Kota Makkah adalah peristiwa penaklukkan Kota Makkah yang dilakukan oleh kaum muslim tanpa perlawanan apa pun dan tanpa ada darah yang tertumpah sedikit pun. Peristiwa ini terjadi pada taun 630 M/8H, tepatnya pada tanggal 10 Ramadan.

  1. Penyerahan Kota Thaif

Mendengar Kota Thaif, yang ada dalam benak kita adalah peristiwa penyerangan masyarakat Thaif kepada Rasulullah Saw sampai gigi Rasulullah tanggal. Peristiwan tersebut terjadi ketika Rasulullah beniat hijrah ke Kota Thaif. Nah, dalam perkembangan selanjutnya, ketika Islam berhasil menyebar ke seluruh Jazirah Arab dan Kota Makkah berhasil dibebaskan dalam peristiwa Fathu Makkah, tokoh-tokoh Thaif kemudian menyerahkan Kota Thaif kepada Rasulullah Saw. Rombongan tersebut datang ke Makkah Bulan Ramadhan tahun ke-9 H sebagai tanda bahwa masyarakat Thaif menyerah dan menyatakan masuk Islam.

  1. Penaklukkan Andalusia

Pada bulan Ramadan tanggal 28 tahun 92 H, umat Islam di bawah kepemimpinan Tariq bin Ziyad menorehkan prestasi besar karena berhasil menaklukkan Andalusia Spanyol. Dengan dikuasainya bumi Andalusia, Islam kemudian mulai tersebar di tanah Eropa.

  1. Pasukan Islam Kalahkan Tentara Mongol

Pada era akhir kekuasaan Dinasti Abbasiyah, kaum Mongol menjadi salah satu kekuatan terbesar kala itu. Hal itu dibuktikan dengan penaklukkan-penaklukkan yang mereka lakukan. Menurut catatan, penaklukkan yang mereka lakukan sebanyak 33 jutan kilometer persegi. Dinasti Abbasiyah pun tak luput dari penaklukkan tersebut. Pada tahun 1258, Dinasti Abbasiyah runtuh tak tersisa setelah mendapatkan serangan dari Pasukan Mongol di bawah kepemimpinan Hulagu Khan. Dua tahun kemudian, takni pada Bulan Ramadan tanggal 15 tahun 1260 M, umat Islam bangkit dan mampu memukul mundur bahkan mengalakan tentara Mongol yang hendak menguasai Mesir. Pasukan muslim yang tangguh tersebut berada di bawah kepemimpinan Sultan Qutuz dari Dinasti Mamluk.

  1. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Peristiwa besar yang tak kalah pentingnya terjadi pada Bulan Ramadan adalah peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia. Setelah berjuang selama ratusan tahun melawan kaum penjajah, akhirnya bangsa Indonesia bebas dari penjajahan dan memproklamirkan kemerdekaannya. Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 17 Agustu tahun 1945 yang juga bertepatan dengan Bulan Ramadan. (rk)

donasi bangkit

Advertisement

Fans Page

Advertisement