Wali Qutub dari Jeddah Saksikan Tingginya Kewalian Habib Sholeh Tanggul

  • Whatsapp
Wali Qutub dari Jeddah Saksikan Tingginya Kewalian Habib Sholeh Tanggul

Wali Qutub dari Jeddah Saksikan Tingginya Kewalian Habib Sholeh Tanggul.

Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid Tanggul Jember Jawa Timur. Namanya bukan saja dikenal di kampung Tanggul Jember saja, melainkan hampir seluruh penjuru dunia Islam. Sosok Habib Sholeh Tanggul bukan saja dikunjungi warga kampung yang memang selalu beliau bimbing setiap saat, tapi juga para ulama, habaib dan pejabat di penjuru dunia. Rahasia hidupnya menyingkap beragam keistimewaan dan kasih sayang, sehingga semua selalu ingin sowan mengais berkahnya.

Kabar tentang kewaliannya Habib Sholeh Tanggul bukanlah rahasia lagi. Semua ulama dan habaib mengakuinya. Diantara karomah beliau yang masyhur adalah do’a beliau yang mustajab, cepat dikabulkan oleh Allah SWT. Sampai-sampai dikatakan bahwa cepatnya do’a Habib Sholeh dikabulkan melebihi cepatnya sambaran kilat.

Tingginya karomah kewalian Habib Sholeh Tanggul ini bahkan sampai diakui ulama besar asal Jeddah, Arab Saudi, yakni Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf Jeddah yang dikenal sebagai Wali Qutub pada jamannya. Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf Jeddah pernah mengisahkan tentang mustajabnya do’a Habib Sholeh Tanggul.

“Habib Sholeh adalah orang yang doanya selalu terkabul dan orang yang sangat dicintai dan disegani,” kata Habib Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf Jeddah.

Dalam kisah lain, suatu hari, Habib Sholeh berjalan bersama Habib Ali Habsyi Kwitang menuju rumah Habib Ali Al Atthos Bungur. Saat menuju rumah Habib Ali Bungur, beliau melewati sebuah lapangan yang ternyata disana ramai masyarakat sedang melakukan sholat istisqo (meminta hujan) karena saat itu Jakarta dilanda kemarau panjang. Kemudian Habib Sholeh mengangkat kedua tangannya seraya bermunajat kepada Alloh SWT.

Tak menunggu waktu lama, seketika hujan turun dengan deras. Subhanallah.

Suatu hari,  ada seseorang yang bertanya kepada Habib Sholeh perihal sebab mustajabnya do’a beliau, dan dijawab langsung oleh Habib Sholeh.

“Saya tidak pernah menaruh pispot di kepala saya. Jangan pernah ada pispot di kepala saat beribadah. Ini artinya, jangan pernah membanggakan dunia yang pada akhirnya hanya akan membuat diri kita malu,” jawab Habib Sholeh.

Pispot, walaupun terbuat dari emas murni yang terbaik di dunia dan bertahtakan intan terbaik, kalau dibuat topi, tetap akan membuat malu. Kalau orang membangga-banggakan diri bermodalkan dunianya, lihat saja, orang itu akan terjerembab oleh dunia. Karena amal orang itu dipamer-pamerkan.

“Jangan melakukan dosa syirik,” kata Habib Sholeh.

Itulah sosok Habib Sholeh Tanggul. Karomah dan kewaliannya terus menjadi kisah hidup yang memberikan keteladanan kepada semua umat sampai sekarang. Wajahnya teduh penuh kasih sayang, sehingga sampai sekarang kasih sayang itu tak pernah padam. Makamnya selalu dikunjungi para peziarah dari berbagai penjuru Nusantara dan dunia.

Semoga kita semua mendapatkan keberkahan dari Habib Sholeh Tanggul dan dikuatkan kecintaan kita kepada beliau, sehingga kelak dikumpulkan bersama beliau dan datuk beliau Hadrotur Rosul Sayyidina Muhammad ‎SAW.

Demikian kisah Wali Qutub dari Jeddah Saksikan Tingginya Kewalian Habib Sholeh Tanggul, semoga bemanfaat.

(Mukhlisin)

Info Peluang Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *