Rais Syuriah PCNU Bantul: Ini Pelajaran Penting Ketika Allah Memanggil Ulama

Posted on

Oleh KH Damanhuri, Rais Syuriah PCNU Bantul.

Pelajaran Penting Ketika Allah Memanggil Ulama

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

๐Ÿ’ซย Sabda Rasulullah Shalallahu โ€˜alaihi wasallam :

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ู„ุงูŽ ูŠูŽู‚ู’ุจูุถู ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ูŽ ุงู†ู’ุชูุฒูŽุงุนู‹ุง ูŠูŽู†ู’ุชูŽุฒูุนูู‡ู ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุนูุจูŽุงุฏูุŒ ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู’ ูŠูŽู‚ู’ุจูุถู ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ูŽ ุจูู‚ูŽุจู’ุถู ุงู„ู’ุนูู„ูŽู…ูŽุงุกูุ› ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุฅูุฐูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูุจู’ู‚ู ุนูŽุงู„ูู…ู‹ุง ุงุชู‘ูŽุฎูŽุฐูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุฑูุกููˆุณู‹ุง ุฌูู‡ู‘ูŽุงู„ุงู‹ุŒ ููŽุณูุฆูู„ููˆุง ููŽุฃูŽูู’ุชูŽูˆู’ุง ุจูุบูŽูŠู’ุฑู ุนูู„ู’ู…ู ููŽุถูŽู„ู‘ููˆุง ูˆูŽุฃูŽุถูŽู„ู‘ููˆุง.

โ€œSesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu dengan serta merta mencabutnya dari hati manusia. Akan tetapi Allah mencabut ilmu dengan cara mewafatkan para โ€˜ulama. Kalau Allah tidak lagi menyisakan seorang โ€˜ulama pun, maka manusia akan menjadikan pimpinan-pimpinan yang bodoh. Kemudian para pimpinan bodoh tersebut akan ditanya dan mereka pun berfatwa tanpa ilmu. Akhirnya mereka sesat dan menyesatkan. [Al-Bukhari (100, 7307);Muslim (2673)]

Yang jadi pelajaran bagi kita dari hadist ini adalah kita diharuskan berhati-hati ketika mengambil ilmu, ambil dan belajarlah dari sumber ulama yang memiliki stock of Islamic knowledge yang mumpuni, sehingga kita tidak termasuk dalam golongan yang dijelaskan oleh Rasul tsb.

Baca Juga >  Melawan Virus Corona dengan Uzlah

Sayangnya fenomena akhir-akhir ini, yang bodoh bicara hukum agama, berani menafsirkan ayat tanpa pernah melewati study yang seharusnya, orang seperti ini diberikan panggung dan digandrungi oleh ummat, sehingga yang terjadi sudah sesat lagi menyesatkan orang lain.

Sisi lain ummat yang bodoh tertipu oleh pencitraan, seragam jubah dikenakan atau jenggot panjangnya.

Memang terkadang ulama sesungguhnya yang pecinta kebenaran terasa keras dan tegas dalam menyuarakan kebenaran.

Sisi lain terkadang ummat tertipu pembawa kebathilan yang humanisnya dan sedikit toleran katanya, padahal dia sebenarnya mengaburkan kebenaran dan menawar-nawarnya.

Jangan antipati dengan ulama yang keras dan tegas katanya, karena dari merekalah kita akan banyak mendapatkan arti kebenaran yang sesungguhnya, bukan yang ditawar-tawar.

Semoga kita lebih hati-hati lagi mengambil dan menggali ilmu jangan sampai terjebak pada kondisi yang diilustrasikan dalam hadits Rasul tsb.

Semoga Bermanfa’at

ูˆุงู„ู„ู‡ ุงู„ู…ุณุชุนุงู† ูˆุนู„ูŠู‡ ุงู„ุชูƒู„ุงู†

An Nida’
060819