Rahasia Puasa Bulan Rajab Menurut Mbah Maimoen Zubair

  • Whatsapp
Rahasia Puasa Bulan Rajab Menurut Mbah Maimoen Zubair

Rahasia Puasa Bulan Rajab Menurut Mbah Maimoen Zubair.

Bulan Rajab termasuk bulan mulia atau disebut asyhurul hurum. Nabi Muhammad sendiri menegaskan bahwa Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban bulan Nabi Muhammad dan Ramadhan adalah bulan umat Nabi Muhammad. Banyak peristiwa besar terjadi dalam bulan Rajab, yang paling bersejarah adalah peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

KH Maimoen Zubair Sarang Rembang punya makna tersendiri terhadap bulan Rajab. Mbah Maimoen memaknai bulan Rajab sebagai bulan nur/cahaya Muhammad, karena bulan Rajab ini cahaya Nabi Muhammad hadir di rahim Sayyidah Aminah.

“Hendaknya menjalankan puasa Rajab. Puasa Rajab itu sebaiknya tanggal 1 sampai tanggal 10. Kalau tidak kuat, cukup tanggal 10 saja. Kalau kuat 3 hari, maka puasa tanggal 1 dan tanggal 10,” tegas Mbah Maimoen.

Mbah Maimoen menegaskan bahwa bulan Rajab itu baik dibuat puasa.

“Sebab apa? Pada tanggal 10 Rajab, Sayyidah Aminah dan Sayyid Abdullah itu “kumpul”. Kumpul itu tahu apa gak?
Malam Jum’at, tanggal 10 Rajab, Sayyidah Aminah dan Sayyid Abdullah itu kumpul. Tahu kumpulnya pengantin?”

“Kumpul pada 10 Rajab pada Malam Jum’at itu waktu turunnya sukma Sayyid Abdullah kepada Sayyidah Aminah. Bersamaan dengan turun lahirnya nur (cahaya) Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Maka, sebisanya tanggal 10 Rajab itu puasa. Saya puasa Rajab itu tanggal 10 saja. Kadang tanggal 1 dan 10 saja.”

Mbah Maimoen juga menegaskan bahwa ada wasiat dari ayahandanya (KH Zubair Dahlan) terkait puasa.

“Saya itu jadi kiai. Tapi wasiatnya bapak saya, “Kamu jadi kiai, saya jadi kiai, itu yang senang, enak dunia dan akhiratnya. Karena kiai itu macem-macem. Ada kiai yang tidak memikirkan dunia, yang penting akhirat. Sampai puasa Dawud. Puasa Dawud itu sehari puasa, sehari tidak puasa. Saya tidak kuat, saya tidak mau.”

“Sebab saya dapat dawuh bapak saya. “Kamu kalau bisa, besok itu yang enak dunia dan akhiratnya.” pungkas Mbah Maimoen.

Itulah pemaknaan Mbah Maimoen dalam mengungkap rahasia puasa di bulan Rajab. Semoga dengan terus meningkatkan ibadah, dzikir dan puasa di bulan Rajab menjadikan kita semua mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Penulis: Abu Umar.

*Untuk melengkapi tulisan Rahasia Puasa Bulan Rajab Menurut Mbah Maimoen Zubair, silahkan saksikan langsung video dari Mbah Maimoen Zubair.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *