musa asy'ari

Prof Musa Asy’ari: Ziarah Itu Penting dan Perlu

Posted on

ZIARAH ITU PENTING DAN PERLU

Dalam tradisi muslim, ziarah biasanya dilakukan ke makam seseorang yang dianggap mulia, seperti makam Rasulullah Saw., dan kerabat dekatnya, makam para wali Allah, para ulama’ dan kyai, ustadz dan para guru yang dihormatinya dan orang tuanya.

Ziarah tujuannya bukan untuk meminta sesuatu dari leluhur yang sudah dimakamkan, karena hidup mereka sudah selesai dalam urusan keduniaan, tetapi untuk mendoakan serta menyatakan simbolisme kecintaan kepada orang-orang yang dimuliakannya dan dicintainya.

Dalam hadits sahih Muslim, seorang yang sudah meninggal, terputuslah segala amalnya, kecuali tiga hal ; sodaqoh jariyah, atau ilmu yang bermanfaat atau anak salih yang selalu mendoakannya kepada Allah. Doa seorang anak tidak akan pernah putus pada orang tuanya selamanya.

Info Peluang Usaha Depot Air Minum Isi Ulang by INVIRO

Makna ziarah keagamaan ini penting, sebagai obat kegelisahan batin dengan menyadari bahwa pada akhirnya seseorang juga akan meninggal. Semestinyalah berpikir tentang bekal apa yang harus dibawa untuk melanjutkan hidup di sana sesudah mati.

Baca Juga >  Surat Terbuka untuk Fraksi PKS DPR RI

Dunia berasal kata dari kata dana yang artinya qoruba, pendek, dunia adalah hidup yang amat pendek. Sedangkan akhirat artinya ba’uda yang artinya jauh, suatu kehidupan yang jauh dan panjang berada di akhirat. Setiap orang rasanya perlu memikirkan bekal dalam perjalanan yang jauh daripada yang pendek.

Penulis: Prof Dr Musa Asy’ari, UIN Sunan Kalijaga.