Karomah Kitab Ihya' Dalam Sejarah Konsolidasi NU

Karomah Kitab Ihya’ Dalam Sejarah Konsolidasi NU

Posted on

Karomah Kitab Ihya’ Dalam Sejarah Konsolidasi NU

Dalam satu wawancara dengan majalah Kiblat edisi 4-17 Desember 1989, almaghfurlah KH R. As’ad Syamsul Arifin Situbondo pernah mengungkap bahwa Kitab Ihya Ulumiddin karya Imam al-Ghazali banyak mempengaruhinya dalam urusan kemasyarakatan.
Hal itu pernah beliau buktikan waktu jelang Pemilu 1955.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Sebagai tokoh NU, Kiai As’ad memang serius dalam menghadapi kasus keluarnya NU dari Masyumi. Beliau pernah bertutur, keluarnya NU dari Masyumi waktu itu merupakan ujian paling berat. Sebab, NU harus bisa membuktikan bahwa dirinya memang besar dan mampu berdiri sendiri. Karena itu, Kiai As’ad langsung melakukan mobilisasi massa untuk mendukung Partai NU. Mobilisasi massa ini dilakukan serius dan ditempuh dengan berbagai cara, antara lain:

a. Mengkoordinasikan pelaksanaan tabligh (pengajian umum)—terutama di wilayah Kabupaten Situbondo (dengan koordinator A. Hamid) dan Kabupaten Bondowoso (dengan koordinator Socco Atmodjo)

b. Menyelenggarakan latihan muballigh (juru dakwah) dengan peserta (kala itu) sekitar 600 orang dari Keresidenan Besuki dan Madura. Tempat latihan dipusatkan di Pondok Pesantren Sukorejo dan sempat dihadiri Kiai Abdul Wahab Hasbullah (Rais Am PBNU) dan KH. Mohammad Dahlan (Ketua Tanfidziyah PBNU).

Hasilnya, dengan barakah Kitab Ihya, Kiai As’ad berkontribusi bagi perwujudan kekuatan Partai NU masuk tiga besar nasiona…. sebagai bukti mengamalkan kerja-kerja menggerakkan kekuatan pengorganisasian masyaraat yang brilian…

Baca Juga >  Ngaji Gus Baha': Menyesal Tak Beribadah, Orang Alim Ditegur Allah

Kitab Ihya juga menginspirasi para Wali Songo dan murid-muridnya mengkonsolidasikan Islam Nusantara untuk rahmatan lil alamin..

Penulis: KH. Ahmad Baso, Intelektual muda NU.

Demikian Karomah Kitab Ihya’ Dalam Sejarah Konsolidasi NU. Semoga bermanfaat.