Ini Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

Jatuhnya Malam Lailatul Qadar Tahun 2020

Posted on

Jatuhnya Malam Lailatul Qadar Tahun 2020. Kapan malam Lailatul Qodar pada Ramadhan tahun 2020? Pertanyaan ini sejak awal ramadhan mengusik setiap umat Islam, karena Malam lailatul qadar menjadi malam yang paling ditunggu umat Islam di seluruh penjuru dunia. Pasalnya, malam lailatul qadar disebut lebih baik dibandingkan seribu bulan. Luar biasa bukan?

Sesuatu yang istimewa, tentu tidak mudah untuk mendapatkannya. Seperti malam lailatul qadar. Tidak ada yang tahu kapan peristiwa malam lailatul qadar terjadi. Yang pasti, malam lailatul qadar menjadi bagian tak terpisahkan dari bulan ramadhan.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Oleh karena tidak ada yang tahu kapan terjadinya malam lailatul qadar, sejumlah ulama kemudian melakukan prediksi. Prediksi tersebut bukan asal-asalan. Sebab, didasarkan para pengataman mendalam dan pengalaman langsung.

Salah satu ulama yang sukses menemui malam lailatul qadar adalah Syeik Abi Hasan as-Syadzili. Sejak baligh, ia selalu menjumpai malam lailatul qadar hingga wafat. Berdasarkan pengalaman tersebut, Syekh Hasan as-Syadzili kemudian membuat prediksi.

Menurut Syeikh Abi Hasan as-Syadzili, apabila awal puasa ramadhan jatuh pada hari ahad maka lailatul qadarnya jatuh pada malam 29. Awal puasa pada hari senin, lailatul qadarnya malam 21. Awal puasa pada hari selasa, lailatul qadarnya malam 27. Awal puasa pada hari rabu lailatul qodarnya malam 19. Awal puasa pada hari kamis, lailatul qadarnya malam 25. Awal puasa pada hari Jum’at, maka lailatul qadarnya pada malam 17. Sedangkan bila awal puasa pada hari sabtu maka lailatul qadarnya jatuh pada malam 23.

Baca Juga >  Kisah Karomah Habib Sholeh Tanggul yang Menggetarkan Pintu Langit

Demikian prediksi yang disampaikan oleh Syeikh Hasan as-Syadzili mengenai malam lailatul qadar. Kalau mengacu pada pengalaman ini, sudah jelas bahwa malam Lailatul Qadar pada Ramadhan 2020 ini jatuh pada malam 17 Ramadhan.

Semoga bermanfaat artikel jatuhnya malam lailatul qadar tahun 2020. Wallahu a’lam bis shawab.

Sumber: “Tanwirul Ma’ali manaqibi Ali bin Abil Hasan Asy Syadzili“ karya Syaikh Muhammad Nahrowi (mbah Dalhar) bin Abdurrahman, Watu Congol, Muntilan – Magelang.

(Yayan Lailatus Shibyan)

___________
simak juga artikel terkait disini
simak juga video terkait disini