gempa-guncang-tuban

Gempa Bumi Guncang Tuban, Ini Doa yang Dibaca Saat Gempa Bumi

Posted on

Kamis (19/9/2019), pukul 14.06 WIB, gempa berkekuatan 5,6 SR mengguncang Tuban. Guncangan tersebut terasa sampai di lingkup Jatim dan Daerah Jateng-DIY. Gempa berpusat di 6.40 LS, 111.84 BT atau 58 km sebelah barat laut Tuban, Jatim. Episentrum gempa di kedalaman 656 Km. Atas terjadinya gempa besar tersebut, BMKG kemudian merilis informasi gempa, walaupun tidak berpotensi tsunami.

Sebagai orang Islam, kita menyakini bahwa semua peristiwa yang terjadi di dunia ini atas kehendak-Nya. Oleh karena itu, kita disunnahkan untuk memanjatkan doa ketika terjadi sesuatu di luar batas kemampuan kita, termasuk bencana gempa bumi. Berikut doa yang bisa dibaca saat terjadi gempa bumi.

اَللَّهُمّ إِنّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا، وَخَيْرَ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ؛ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا، وَشَرِّمَافِيْهَا وَشَرِّمَا أَرْسَلْتَ بِهِ

Allahumma innii as’aluka khoirohaa, wa khoiromaa fiihaa wa khoiro maa arsalta bih, wa a’udzubika min syarrihaa wasyarri maa fiihaa wa syarri maa arsalta bih.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang didalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.