Doa Qunut Nazilah yang Dibaca oleh Sayyidina Umar dan Ibnu Umar RA

Doa yang Dibaca Pada Tanggal 1 – 10 Muharram

Posted on

Bulan Muharram adalah salah satu bulan yang dimuliakan Allah Swt. Banyak dalil yang menunjukkan bahwa Allah dan rasul-Nya memuliakan bulan ini, diantaranya adalah :

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus…” (QS. At-Taubah: 36)

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Hasan Al-Bashri mengatakan, “Allah membuka awal tahun dengan bulan haram (Muharram) dan menjadikan akhir tahun dengan bulan haram (Dzulhijjah). Tidak ada bulan dalam setahun, setelah bulan Ramadhan, yang lebih mulia di sisi Allah dari pada bulan Muharram. Dulu bulan ini dinamakan Syahrullah Al-Asham (bulan Allah yang sunyi), karena sangat mulianya bulan ini.” (Lathaiful Ma’arif, Hal. 34)

Mengingat bulan Muharram adalah bulan mulia, sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah. Diantaranya adalah dengan memperbanyak doa dan amalan lainnya. Terkait dengan amalan doa, terdapat doa khusus yang bisa dibaca mulai tanggal 1 Muharram sampai tanggal 10. Berikut doanya :

Baca Juga >  Doa Akhir Tahun yang Diajarkan Rasulullah SAW

اَللّٰهُمَّ اِنَّكَ قَدِيْمٌ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ، وَسَنَةٌ جَدِيْدَةٌ قَدْ اَقْبَلَتْ، نَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَنَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا، وَنَسْتَكْنِيْكَ فَوَاتَهَا وَشُغْلَهَا، فَارْزُقْنَا الْعِصْمَةَ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. اَللّٰهُمَّ اِنَّكَ سَلَّطْتَ عَلَيْنَا عَدُوًّا بَصِيْرًا، بِعُيُوْنِنَا مُطَلِّعًا عَلٰى عَوْرَاتِكَ، مِنْ بَيْنِ اَيْدِنَا وَمِنْ خَلْفِنَا، وَعَنْ اَيْمَانِنَا وَعَنْ شَمَائِلِنَا، يَرَانَ هُوَ وَقَبِيْلُهُ مِنْ حَيْثُ لَانَرَاهُمْ. اَللّٰهُمَّ اٰيِسْهُ مِنَّا كَمَا اٰيَسْتَهُ مِنْ رَحْمَتِكَ، وَقَنِّطْهُ مِنَّا كَمَا قَنَّطْتَهُ مِنْ عَفْوِكَ، وَبَاعِدْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُ كَمَا خُدْتَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ مَغْفِرَتِكَ، اَنَّكَ قَادِرٌ عَلٰى ذَالِكَ، وَاَنْتَ الْفَعَّالُ لِمَا تُرِيْدُ. وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Doa tersebut dibaca 3x

Sumber : Buku Amaliyah-Amaliyah Bulan Muharram, PCNU Jombang