basmalah
Hikmah

Basmalah dan Rahasia Keberkahan Hidup

Oleh: Wasna Arif Mahmudi, Penikmat Kajian Keagamaan, Tinggal di Bantul

Kanjeng Rasul dawuh (bersabda-red) “Segala sesuatu aktifitas baik yang tidak diawali dengan membaca basmalah, maka aktifitas itu akan menjadi berkurang keberkahannya”

Ini adalah salah satu dasar perintah untuk membaca basmalah ketika melakukan segala aktivitas yang baik. Dalam segi hukum, secara prinsip  membaca basmalah untuk pekerjaan yang baik adalah sunnah dan tentunya akan berubah hukum tersebut dalam lingkup perbuatan yang tidak baik sesuai bentuk aktivitas nya. Sehingga, hukum  membaca basmalah tergantung bentuk pekerjaan nya, apabila pekerjaan itu haram, maka membaca basmalah adalah haram.

Contoh, seorang pencuri sebelum melakukan aksinya, membaca basmalah, maka karena hukum mencuri adalah haram sehingga membaca basmalah dalam hal ini hukumnya haram. Begitu pula selanjutnya untuk perbuatan yang makruh dan khilaful aula.

Bagaimana cara membaca basmalah yang baik?

Caranya adalah ketika mengawali perbuatan, lisan kita membaca ‘bismillah’, hati kita berniat mengharap keberkahan dan pertolongan kepada Allah SWT dan ditancapkan dalam pemahaman, bahwa segala sesuatu itu atas kekuasaan dan kehendak Allah SWT.

Selanjutnya, ketika sampai pada ‘arrahmaani arrahiim’, hadirkan dihati segala sesuatu belas kasih Allah SWT dan sampai betul-betul jelas sifat belas kasih Allah SWT sehingga muncul, bangkit dalam hati rasa yang sangat kuat berharap Rahmat kepada Allah SWT.

Ringan diucapkan, mudah diamalkan, berkah yang didapatkan itulah membaca basmalah dalam mengawali segala aktivitas yang baik, sehingga aktivitas atau pekerjaan menjadi mudah dan dipenuhi berkah.

Bisa jadi, kehidupan selama ini terasa kurang berkah, umur, keluarga, pekerjaan, rizki dan lain sebagainya dikarenakan lalai mengawali aktivitas baik dengan basmalah.

Sudahkah anda membaca basmalah sebelum membaca artikel ini ?

Wallahu alam bishawab.

donasi bangkit

Advertisement

Fans Page

Advertisement