Imam Ma'ruf al Karkhi

Adab Para Ulama Terhadap Pendosa

Posted on

Syaikh Abdul Wahhab asy-Sya’rani dalam kitabnya, Tanbihul Mughtarrin berkisah, akhlaq para shalihin rahimahumullah adalah berbelas kasih kepada pelaku dosa dan tidak merendahkannya.

Mutharrif bin Abdillah berkata:

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

من لم يجد في نفسه رحمة للعصاة فليدع لهم بالتوبة والمغفرة فإن من اخلاق الملائكة الاستغفار لمن في الارض

“Barang siapa yang tidak menemukan pada dirinya sifat belas kasih kepada pendosa, maka hendaklah dia mendoakan mereka supaya bertaubat dan diberi ampunan. Sungguh sebagian dari akhlaq malaikat adalah memintakan ampunan kepada penduduk bumi”.

Waliyullah Syaqiq Az Zahid berkata:

اذا ذكرت رجل السوء فلم تهتم له ترحما فأنت أسوأ منه

“Jika dirimu menyebut laki-laki buruk (kelakuannya), kemudian kamu tidak merasa iba karena rahmat padanya, maka kamu lebih buruk darinya”.

Diriwayatkan dari Nabi Isa ‘alaihissalam, beliau berkata:

Baca Juga >  Ini Karomah Kiai Tebuireng Jombang yang Membuat Langit Menangis

لا تنظروا الى عيوب الناس كأنكم أرباب وانظروا اليها كأنكم عبيد وارحموا صاحب البلاء.

“Janganlah kalian memandang cacat-cacat manusia seakan-akan kalian adalah sang pemilik (pemilik budak), tetapi lihatlah mereka seakan-akan kalian adalah hamba sahaya. Berbelas kasihlah kepada mereka yang mendapatkan ujian (dosa)”.

Pernah ada kisah dimana waliyullah yang populer, Imam Ma’ruf al Karkhi, diminta supaya mendoakan buruk (supaya tenggelam) orang-orang yang minum khamer dan asyik bergembira dengan menyanyi dan berjoget di atas kapal. Beliau justru berdoa:

اللهم كما فرحتهم في الدنيا ففرحهم في الآخرة

“Ya Allah, sebagaimana Engkau telah buat gembira mereka di dunia, buatlah gembira mereka di akhirat”.

Penulis: Sarmidi Hasan