sandi langkahi makam

Viral Video Sandi Langkahi Makam Kiai Bisri Syansuri, Ada Apa?

Posted on

Sandi mengenakan sarung dan berkopiah hitam, yang awalnya menabur bunga di makam Kiai Bisri yang kemudian melangkahi makam Kiai Bisri untuk berpindah ke makam selanjutnya.

Berita NU, BANGKITMEDIA.COM

YOGYA– Di media sosial, masih ramai menjadi perbincangan terkait satu video terkait sosok Sandiaga Uno, calon Wakil Presiden nomor urut 02, yang tengah berziarah dan menabur bunga di makam salah satu Pendiri NU, KH Bisri Syansuri, di komplek Pesantren Denanyar Jombang.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Dalam video yang berdurasi 15 detik itu, Sandi mengenakan sarung dan berkopiah hitam, yang awalnya menabur bunga di makam Kiai Bisri yang kemudian melangkahi makam Kiai Bisri untuk berpindah ke makam selanjutnya. Prabowo yang juga ikut memilih melipir di pinggir sebelum pindah ke makam berikutnya. Video ini adalah bagian dari proses Ziarah Prabowo-Sandi pada Hari Santri, 22 Oktober 2018.

Karena viral ini, seorang budayawan Candra Malik menuliskan status dalam akun twitternya:

Dengan segala hormat,
benarkah Anda, Saudara @sandiuno telah melangkahi Maqbarah Kiai Bisri Syansuri di Denanyar, Jombang ketika berziarah? Mendiang adalah salah satu tokoh Islam yang ikut mendirikan Nahdlatul Oelama bersama Hadratus Syekh Hasyim Asy’ari. | Cc: @nu_online

Para netizen di media sosial marah, karena apa yang dilakukan Sandi ini menyalahi adab/etika dalam tradisi NU.

Bagi warga nahdliyyin, menghormati para tokoh dan pahlawan dilakukan ketika masih hidup, juga setelah wafat.

Baca Juga >  Ini Kiat Sukses Santri dalam Berbisnis!

“Apa yang dilakukan Sandi sangat tidak sesuai dengan tradisi warga nahdliyyin. Ini sangat tidak elok, tidak mendidik bangsa, dan semoga tidak terulang kembali. Elite politik harus memberikan teladan yang baik bagi semua rakyat, apalagi mereka akan menjadi pemimpin bangsa,” tegas Yayan, aktivis masjid, dalam status facebooknya.

Menanggapi hal ini, salah satu juru bicara Timses Prabowo-Sandi, Andree Rosiade, menjelaskan bahwa Sandi tidak punya niat melecehkan makam tersebut.

“Yang pasti, Bang Sandi nggak punya niat apa-apa untuk melecehkan makam atau apapun,” tegasnya. (rohim)