Lomba Esai UNU Yogya

UNU Yogya Komitmen Bumikan Literasi Digital

Posted on

YOGYAKARTA, BANGKITMEDIA.COM

Menyoroti dinamika zaman yang terus bergerak secara dinamis, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penelitian Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta berkomitmen membumikan literasi di lingkungan UNU Yogyakarta. Literasi yang merupakan sarana merespon dan berkontribusi dalam arus informasi, menjadi senjata bagi UKM Penelitian untuk menyampaikan ide-ide kreatif dalam rangka merespon dinamika social yang ada.

Info Peluang Usaha Depot Air Minum Isi Ulang by INVIRO

Salah satu langkah nyata dalam mewujudkan cita-cita itu, UKM Penelitian UNU Yogyakarta bekerjasama dengan Lembaga Pers Mahasiswa Nusa menyelenggarakan lomba esai aswaja 2019. Lomba ini diselenggarakan sejak Februari lalu dan hari ini (10/03) pengumuman juara.

Taqiyuddin, Ketua Umum UKM Penelitian UNU menyakan bahwa ini adalah lomba esai kedua yang diselenggarakan oleh UKM Penelitian.

“Lomba esai ini even tahunan. Ini untuk kedua kalinya kami menyelenggarakan lomba seperti ini,” ungkap Taqi sapaan akrabnya.

Lomba ini diselenggarakan dengan mengangkat tema, “Peran Generasi Muda Aswaja Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. Menurut Taqi, tema ini diambil untuk mengumpulkan ide-ide kreatif mahasiswa dalam rangka menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Ibran Rakasiwi, Pemimpin Umum LPM Nusa sekaligus Ketua Panitia lomba esai aswaja 2019 menyampaikan bahwa lomba ini diselenggarakan dengan diawali pengumpulan naskah dan seleksi. Semua naskah yang masuk dipilih lima terbaik untuk dipresentasikan di depan dewan juri. Dari lima finalis itu dihasilkan pemenang sebagai berikut

  1. Juara 1 atas nama Nanda Ahmad Basuki dengan judul esai, “Menghadapi Nomophobia dengan Program Wajib Mondok”,
  2. Juara kedua atas nama Syaiful dengan Judul esai, “Membangun UMKM Berbasis Digital untuk Membentuk Karakter Santripreneur di Era Revolusi Industri 4.0”
  3. juara ketiga atas nama Vera Franciska Dewi dengan Judul Esai, “Peran Generasi Aswaja dalam Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Melalui Literai Digital”.
Baca Juga >  Aksi Melukis Bersama Merekam Geliat Konfercab NU Cilacap 2018

Kegiatan ini mendapat sambutan yang baik dari civitas akademika UNU Yogyakarta. Seperti disampaikan Rektor UNU Yogyakarta saat memberikan hadiah bagi para juara, pihaknya mengaku bangga dan menyampaikan terima kasih dengan kepedulian pengurus UKM Penelitian dan LPM Nusa untuk membumikan literasi di UNU Yogyakarta.

Hal senada disampaikan Bambang Arianto, Pembina UKM Penelitan UNU Yogyakarta. Menurut Bambang, kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa binaannya adalah bentuk komitmen membumikan literasi yang saat ini mengarah pada digital.

“Saya pikir ini bagus ya untuk mendukung literasi digital. Kita ketahui bersama bahwa saat ini dihadapkan pada maraknya berita hoax. Dengan adanya kegiatan semacam ini dapat melatih mahasiswa agar menyampaikan aspirasi berdasarkan fakta melalui riset,” demikian ungkap Bambang. (rls/nry)