Uniknya Habib Sholeh Tanggul Mendidik Kewalian Guru Sekumpul

  • Whatsapp
Uniknya Habib Sholeh Tanggul Mendidik Kewalian Guru Sekumpul

Uniknya Habib Sholeh Tanggul Mendidik Kewalian Guru Sekumpul.

Namanya adalah Hababah Fatimah binti Habib Sholeh Al-Hamid Tanggul. Usianya lebih dari 100 tahun dan masih hidup sampai sekarang. Sebagaimana ayahnya, Hababah Fatimah juga sering bertemu Rasulullah dan ayahnya sendiri yakni Habib Sholeh. Bertemunya itu baik secara mimpi maupun sadar (yaqdhatan).

Alhamdulillah, dulu Alfaqir (penulis-red) pernah sowan ke rumah beliau dan minta do’a kepada beliau. Beliau berpesan, “baca shalawat Habib Sholeh Tanggul setelah selesai shalat fardhu minimal 3 x dan paling banyak 41 x.”
Fadhilat shalawat itu adalah pertama Insya Allah do’a apa saja yang kita pinta cepat qobul dan yang kedua menjadi obat segala penyakit.

Berikut ini adalah Shalawat Mansub (مَنْسُوْبٌ) yang selalu diijazahkan Habib Sholeh Tanggul. Silakan dihafal dengan baik.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تَغْفِرُ بِهَا الذُّنُوْبَ , وَتُصْلِحُ بِهَا الْقُلُوْبَ , وَتَنْطَلِقُ بِهَا الْعُصُوْبُ , وَتَلِيْنُ بِهَا الصُّعُوْبُ , وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ إِلَيْهِ مَنْسُوْبٌ

“Allahumma sholli ‘ala Sayyidina Muhammadin. Sholatan taghfiru bihadzunuba, wa tuslihu bihal quluba, wa tantholiqu bihal usuba, wa talinu bihasshu’uba, wa ‘ala alihi wa sohbihi wa man ilaihi mansubun”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad yang dengannya Engkau ampuni kami, Engkau perbaiki hati kami, menjadi lancar urat-urat kami, menjadi mudah segala kesulitan, juga kepada keluarganya dan para sahabatnya beserta orang-orang dimansubkan (dinisbatkan) kepada Beliau

Habib Sholeh Tanggul adalah seorang Walinya Allah

Menurut Abah Haji (Guru Zuhdi), dulu Habib Sholeh Tanggul punya uang 25 rupiah, kebetulan ada pengemis minta sama beliau sebilangan uang yang Habib Sholeh punya yaitu 25 rupiah. Kemudian Habib Sholeh memberikan sebilangan uang tersebut dengan tulus ikhlas kepada pengemis itu tadi.

Akhirnya si pengemis tadi berkata, “Aku Khidir (Balya bin Malkan). Mintalah apa yang kau pinta niscaya aku kabulkan.”

Kemudian Habib Sholeh menjawab, “Aku minta kaya tapi tidak berusaha, aku minta ‘alim tapi secukupnya saja belajar dan terakhir apabila aku berdo’a selalu qobul.”

Akhirnya Nabi Khidir mengabulkan permintaan Habib Sholeh Tanggul. Maka dari itu, do’a Habib Sholeh Tanggul lebih cepat dari kilat menyambar.

Dulu almarhum Guru Syarwani pernah berkata bahwasanya Habib Sholeh Tanggul adalah guru dari Guru Sekumpul (KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani) secara ruhani dan Habib Sholeh Tanggul adalah salah satu orang yang berada dalam mimpi Guru Sekumpul. Waktu itu, Guru Sekumpul masih kecil dan bermimpi Kapal yang dipintunya bertulis “Safinatul Auliya”.

Waktu Guru Sekumpul masih kanak-kanak, bahwasanya Habib Sholeh Tanggul mengetahui di masa kecilnya Guru Sekumpul bahwa anak ini adalah Wali Qutub kecil, padahal Habib Sholeh Tanggul belum pernah bertemu dengan Guru Sekumpul secara dzohir.

Kita do’akan mudah-mudahan anak Habib Sholeh Tanggul, yaitu Hababah Fathimah dipanjangkan umur dan disehatkan badan. Dan juga beliau mendo’akan kita saat itu beliau membaca Shalawat Habib Sholeh Tanggul sambil mengangkat tangan minta kepada Allah agar kita semua selamat dunia akhirat berkat Rasulullah. Aamiin.

Demikian kisah Uniknya Habib Sholeh Tanggul Mendidik Kewalian Guru Sekumpul, semoga bermanfaat.

Penulis: Muhammad Zainuddin bin H Abdurrhman, santri Abah Guru Sekumpul.

Info Peluang Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *