Sulthonul Quthb Auliya Allah Asy-syaikh Abul Hasan Asy-Syadziliy r.a
Sulthonul Quthb Auliya Allah Asy-syaikh Abul Hasan Asy-Syadziliy r.a

Syekh Abu Hasan Asy-Syadzili Ungkap Rahasia Aroma Harum Para Wali Allah

Posted on

Pendiri Tarekat Syadziliyyah, Syekh Abu Hasan Ali Asy-Syadzili pernah memberi nasehat: “Ingatlah, semoga Allah menguatkanmu dengan cahaya bashirah dan kejernihan kalbu, sungguh Rasulullah Saw. pernah ditanya, “Siapakah para wali itu?”‘ Lalu Beliau menjawab, “Mereka adalah orang-orang yang jika dilihat mengingatkan kita pada Allah.”

Maka, fahamilah sabda Rasulullah Saw. ini dengan bijak. “Jika dilihat mengingatkan kita pada Allah.” Karena itu, bersikaplah bijak dalam melihat orang, jangan melihat dari sisi fisik saja. Lihatlah sisi batinnya. Jangan melihat dengan mata kepala saja seperti yang biasa dilihat orang awam.

Carilah petunjuk dengan cahaya Allah yang tersimpan dalam kalbumu. Dengan cahaya itu pula para wali melihat, mempertimbangkan, menilai, berdiri dan merasakan.

Dengan cahaya seperti itu pula para wali dapatkan dari cahaya Rasulullah Saw. Mereka pun mengakui harumnya aroma Rasulullah Saw., lebih harum dari segala yang harum. Maka masuklah dengan makrifat Rasulullah Saw.

Baca Juga >  Menutup Mulut Saat Menguap, Ini Rahasianya!

Syekh Abu Hasan Ali Asy-Syadzili  juga mengatakan, “Tidaklah Rasulullah makan melainkan untuk kita, tidaklah Beliau minum melainkan untuk kita, tidaklah Beliau menikah melainkan untuk kita, dan tidaklah Beliau berbuat baik melainkan untuk kita.”

Maka, sejatinya Beliau adalah awal dari segala kebaikan dan sumber keindahan dari segala sumber nan indah. Beliau adalah sumber segala sumber. Karena itu, carilah Cahaya Muhammad, ciduklah dari lautannya, minumlah makrifatnya, bersoleklah dengan ketaatannya, dan jadikanlah segala sesuatu (urusan duniawi) sampai di kedua tanganmu.” (amru)

*Ditulis berdasarkan tulisan Syekh Abdul Halim Mahmud dalam kitab Al-Madrasah Asy-Syadziliyah wa Imamuha Syaikh Abu Hasan Asy-Syadzili.