Rahasia Kedekatan Kiai Hamid Pasuruan dengan Syekh Abdul Qadir Al-Jailani

Rahasia Kiai Hamid Pasuruan Perintahkan Orang Tua Menghafal Qur’an

Posted on

Rahasia Kiai Hamid Pasuruan Perintahkan Orang Sudah Tua Menghafal Qur’an.

Menurut riwayat, Kiai Hamid Pasuruan saking terinspirasi dari Hadits: :Barang siapa menempuh jalan yang tujuannya mencari ilmu, maka Allah akan permudah jalan menuju surga.”

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Karena saking terinspirasinya, Kiai Hamid Pasuruan menyuruh orang yang sudah sepuh-sepuh untuk menghafal Al-Qur’an dengan niat mencari ilmu. Ada yang dapat dua juz terus meninggal, dapat 5 juz terus meninggal, dan sebagainya. Tapi yang terpenting adalah menghafalkan Al-Qur an diniati mencari ilmu. Meskipun amal kita di dunia sedikit, karena ada cara-cara seperti mencari ilmu dengan menghafal Al-Qur an, akan bisa mempermudah jalan menuju surga.

Bunyinya hadits seperti ini,

من سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له طريقا إلى الجنة

Mungkin, metode menghafal Al-Qur an adalah cara yang lebih efektif mencari ilmu bagi yang sibuk ngajar, bekerja. Kalau seandainya kita belum selesai dalam menghafal nanti meneruskan setoran di alam kubur. Guru saya KH Maftuh Basthul Birri Lirboyo pernah dhawuh: “yow pokok e setoran terus, kog setorane durung rampung terus kog mati dhisek, diteruske neng alam kubur, setorane ora neng aku maneh, tapi neng malaikat Jibril.”

Baca Juga >  Mengapa Ada Pertanyaan Malaikat di Alam Kubur?

Spontan satu gubuk Khufadz Lirboyo dibuat gerrr geerrr dengan pernyataan Abah Yai. Tapi ini bukan guyon, ini ada haditsnya.

Dahulu, ada salah satu santri putri di pondok kami yang meninggal ketika masih proses menghafal. Abah Yai kelihatan sedih bahkan sampai mengapresiasi beliau (mbak santri) dengan membuatkan pernyataan (surat tertulis). Saya sudah lupa isi keseluruhan surat itu, tapi salah satu poinnya, intinya beliau menyatakan bahwa, “surga akan jadi balasanmu dan sekarang kau sudah menjadi bidadari surga”.

Ini menunjukkan bahwa selama kita ada keinginan menghafal, di situ jalan kemudahan menuju jannah (surga).

Sering saya ditanya teman seangkatan tamatan MHM Lirboyo, bagaimana kalau saya menghafal Al-Qur’an padahal sibuk ngurusi santri dan ngajar.???

Saya jawab, “malahhh buuuuagus sekali, meskipun kamu belum selesai hafalannya nanti tetap bisa setoran di alam barzakh, sampai dapat ridlo Allah.”

Demikian penjelasan tentang Rahasia Kiai Hamid Pasuruan Perintahkan Orang Sudah Tua Menghafal Qur’an, semoga bermanfaat.

Ponorogo,2 Juni 2020.

Penulis: Khoirul Muttaqien Muhammad.

*Terkait sosok Kiai Hamid Pasuruan, ini video langka suara Kiai Ali Maksum Krapyak Yogyakarta.