PRNU Seloharjo

PRNU Seloharjo Rintis Pembangunan Gedung NU

Berita NU, BANGKITMEDIA.COM

BANTUL – Pengurus Ranting Nahdhotul Ulama (PRNU) Seloharjo, Pundong, Bantul, terus bergiat dalam pembangunan gedung bertingkat. Agenda ini masuk dalam Rencana Program Kerja Tahun 2018 – 2026. Lokasi pembangunan berada di dusun Jelapan, bisa juga diakses melalui google maps dengan kata kunci pencarian “Kantor Ranting NU Seloharjo”. Program ini dimaksudkan untuk menindaklanjuti RTL PKPNU (Pendidikan Kader Penggerak NU) di Kec Pundong.

“Harapannya, Pengurus Ranting NU Seloharjo mempunyai identitas yang jelas, mengingat keberadaan NU masih sangat minoritas,” tutur Muhammad Asrofi, M.Pd, Sekretaris PRNU Seloharjo.

Gedung dibangun di atas tanah wakaf dari keluarga Simbah Priyo, yakni seluas 12 m2. Program ini diadakan setelah adanya semangat dari PRNU Seloharjo yang mengadakan pengajian akbar bersama K.H Anwar Zahid pada bulan Maret 2018.

“Pada awal planning pengajian akbar, banyak yang takut dan ragu, apa nanti bisa terwujud karena dana yang akan dipakai untuk pengajian tidaklah sedikit, sekitar 58 Juta rupiah. Alhamdulillah, dana tersebut dapat tercapai dengan usaha gigih para pengurus, panitia, warga NU Seloharjo dan para donatur pada umumnya. Berkah dari pengajian tersebut salah satunya adalah adanya Infaq dari para hadirin yang terkumpul sekitar 25 Juta, modal pertama pembuatan gedung,” lanjut Asrofi.

Baca Juga >  Majlis Akhirussanah Burdah Bergema di Masjid Kamaluddin Krapyak

Proses pembangunan gedung bekerjasama dengan Yayasan Baitul Mukhlasin an-Nahdiyah, sehingga gedung tersebut atas nama 2 kepemilikan. Rencananya gedung digunakan sebagai kantor kesekretariatan dan sebagai tempat penyelenggaraan pendidikan, baik formal maupun non-formal, yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Pembangunan gedung dikerjakan suka rela oleh warga nahdliyin sesuai dengan profesi dan kemampuan masing-masing.

“Pengurus mempersilahkan siapapun untuk gotong-royong, tidak ada penjadwalan ataupun pemaksaan jam kerja.  Karena dikhawatirkan akan sedikit banyak mengganggu keihklasan karena adanya tuntutan,” ujar Ketua PRNU Seloharjo, Jumakir S.Pd.I.

Adapun Program Ranting NU Seloharjo yang lain adalah pengembangkan spiritual umat seperti yasinan, tahlilan dan berjanjen. Ada juga program untuk mensejahterakan perekonomian umat melalui usaha gas tabung dan simpan pinjam.

Untuk memperlancar pembangunan gedung, PRNU Seloharjo mempersilakan pihak-pihak yang ingin menyalurkan donasi, yakni melalui BANK BPD DIY NOREK 030.211.009283. a/n Yayasan Baitul Mukhlasin An-Nahdliyah Seloharjo. (An)