FDK

Forum Komunikasi Dakwah Kampus Gelar Mubes di UNSIQ

Berita NU, BANGKITMEDIA.COM

WONOSOBO-Hari Sabtu-Ahad (07/9/2018) telah dilaksanakan Musyawarah Besar (MUBES) Forum Komunikasi Korp Dakwah Kampus Nusantara yang diadakan oleh Lembaga Dakwah Mahasiswa Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo. Kegiatan ini bertemakan peta gerakan dakwah FKKDKN sebagai poros dalam memerangi paham-paham radikal dalam beragama.

Kegiatan ini bertujuan selain menjalin tali silaturahim antar lembaga dakwah mahasiswa di berbagai kampus juga bertujuan untuk membuat aliansi dakwah yang memegang teguh prinsip ahli sunah waljamaah untuk kemaslahatan umat sepenuhnya.

“Sekarang kita hidup pada masa milineal dimana kegunaan mobile phone yang secara menyeluruh telah dirasakan di berbagai kalangan, baik di usia remaja atau dewasa. Baik untuk pelajaran dan media dakwah,” ucap Fikri Jamaludin Presma BEM UNSIQ Jateng Wonosobo.

Ini adalah tantangan bagi kita, lanjut Fikri,  untuk memaksimalkan media karena dirasa telah beredar paham-paham radikal yang menyebabkan keresahan antara umat beragama, padahal ajaran Islam adalah ajaran yang rahmat bagi seluruh alam.

“Musyawarah Besar forum ini merupakan langkah awal bagi teman-teman UKM di berbagai kampus yang menaungi bidang dakwah untuk bergerak bahu membahu memerangi paham-paham tersebut dengan memanfaatkan tekhnologi mutakhir,” ucap Fikri M Jamaludin

Kegiatan ini diikuti oleh 9 UKM dari 27 UKM Lembaga Dakwah Mahasiswa yang telah menjadi anggota tetap dan anggota tidak tetapp. Hasil MUBES ini akan ditindak lanjuti dengan mengadakan RAKER (Rapat Kerja), dan pembentukan kepengurusan yang akan dilaksanakan di STAIN Kudus Februari 2019 mendatang yang diketuai oleh Saudara Teguh Gumelar delegasi dari UNSIQ.

Baca Juga >  Pentas Rakyat Semarakkan Kirab Satu Negeri GP Ansor

“Peta gerakan dakwah telah ada pada zaman Sayyidin Ali dimana pada saat itu Islam terbagi menjadi beberapa sekte, ada yang pro Sayyidina Ali, ada yang pro Muawiyah dan ada juga yang tidak pada keduanya. Telah berkembang terus menerus sehingga ada beberapa pandangan dalam memandang agama ini. Saya ucapkan selamat datang di kampus ini dan selamat ber MUBES disini. Mari sama-sama kita bentuk tali silaturahim ini untuk memerangi paham-paham radikal dan beberapa aksi saling mengkafirkan sesama umat muslim,” ucap Dr. Drs. KH. Muchotob Hamzah selaku Rektor Universitas Sains al-Qur’an Wonosobo dalam sambutannya.

“Saya berharap dengan adanya aliansi ini menjadi langkah selanjutnya Korp Dakwah Mahasiswa dari berbagai kampus di Nusantara untuk memberikan kontribusi pemikiran dan tenaga dalam dunia dakwah untuk kepentingan menyampaikan pesan Rasulullah sebagaimana dalam pesan beliau sampaikanlah walau satu ayat, dan menjadikan pesan yang dibawa Nabi adalah sebuah pesan Rahmatalil’alamin sesuai kehendak Ahlisunah Wal Jamaah,” Ucap Muhamad Jamaludin Selaku Ketua Korp Dakwah Mahasiswa IIQ An Nur Yogyakarta (Jamaludin/rk)