haul kiai humam

Pon. Pes. Al-Imdad Gelar Haul ke-23 KH Humam Bajuri dan Haflah Khotmil Qur’an

Berita NU, BANGKITMEDIA.COM

BANTUL – Pondok Pesantren Al Imdad Pajangan memperingati haul KH. Humam Bajuri ke-23 dan Haflah khotmil Qur’an santri putra, Sabtu malam (6/10/18). Acara ini dilaksanakan di pondok putra Desa Kedung, Pajangan, Bantul. Undangan yang hadir antara lain KH. Mu’tashim Billah dari PP Pandanaran selaku pengisi do’a khataman, para kiai dari PP Al Munawwir Krapyak, PP An Nur Ngrukem, Wakil Bupati Bantul, Pejabat Kemenag, Camat Pajangan dan Pandak, Lurah, Wali santri khatimin, wali santri khatimat, dan warga sekitar.

Dimulai pukul 18.00 WIB, acara diawali dengan khataman para santri dengan kategori 30 juz bil hifdzi, 30 juz bin nadzri, 10 juz bil hifdzi, 5 juz bil hifdzi, dan 5 juz bin nadzri. Setelah haflah selesai, dilanjutkan acarahaul dengan susunan acara pembukaan, tilawah dan sholawat, tahlil, sambutan-sambutan, istirahat, mauidhoh hasanah oleh K.H. Musthofa Bisri (Gus Mus), dan ditutup dengan do’a.

Di tengah – tengah acara, digelar launching product pertanian PP Al Imdad oleh H. Abdul Halim Muslih selaku Wakil Bupati Bantul. Dengan memperkenalkan pupuk organik dan padi varietas olahan dari para santri dibantu ustadz – ustadznya, diharapkan bisa membantu petani dalam bertani. Digelar pula tasyakuran kecil atas terlaksananya metode baru yang diberlakukan pondok yakni metode baca kitab gundul (kitab yang tidak berharokat) oleh para santri.

Baca Juga >  Diplomasi Internasional ala Kiai Ali Maksum

“Alhamdulillah acaranya lancar. Dari kemaren sebelum acara ini juga sebenarnya sudah ada acara seperti khataman, jadi ya rame dan lancar-lancar saja,” kata Isna selaku santri putri. (Naila/An)