Menyimpan Lukisan Makam Rasulullah di Rumah, Apa Alasan Guru Sekumpul?

Pesan Abah Guru Sekumpul: Bila Ada yang Menghinamu Jangan Dibalas, Kenapa?

Diposting pada

Pesan Abah Guru Sekumpul: Bila Ada yang Menghinamu Jangan Dibalas, Kenapa?.

KH Muhammad Zaini Abdul Ghani (Guru Sekumpul) adalah sosok ulama’ yang penuh kasih sayang. Saat beliau hendak diracun seseorang, beliau sudah tahu sebelumnya, tapi tidak menangkapnya atau menghukumnya. Beliau justru mendoakan agar orang itu mendapatkan hidayah dari Allah SWT.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Abah saya (H Abdurrahman) mendapatkan banyak pesan-pesan Guru Sekumpul yang sangat bermanfaat buat kita semua, apalagi dalam kehidupan sehari-hari bertetangga dan bermasyarakat.

Pertama, apabila ada yang menghina aku ataupun keluargaku, dimohon jangan dibalas. Jangan saling menghina. Jangan saling mencela. Jangan saling memecah belah umat.

“Cukup didoakan saja orang yang menghina aku dan doakan dia mudah-mudahan dapat hidayat.”

Karena orang itu sebenarnya tidak tahu, jadi cukup dido’akan saja dan jangan dibalas dan jangan saling menghina.  Kalaupun kita balas menghina dia, apa bedanya kita dengan dia?

Kedua, jangan ikut-ikutan lomba maulid dan lomba baca Qur’an, apalagi suara bagus. Ikut-ikutan lomba yang diniatkan demi kepentingan pribadi supaya ingin tampil di depan orang, maka itu salah besar.

Ketiga, kalau ada masalah yang sulit, ziarohi maqom para wali, tawasshul kepada para auliya dan orang-orang sholeh.

Baca Juga >  Keistimewaan Ramadhan Tahun 2020

Keempat, do’akan kedua orang tua mudah-mudahan mereka berdua diampuni.

Kelima, husnudzzon (sangkaan baik) kepada semua orang.

Keenam, jangan sampai kita menghina ulama, apalagi wali. Kalaupun tidak percaya adanya wali, maka hidupnya tiada barokah, wali adalah kekasih Allah.

Ketujuh, biasakan kalau berucap itu selalu tentang kebaikan orang. Artinya yang diucapkan itu hanyalah yang baik-baik saja.

Kedelapan, jangan menyombongkan diri dengan kelebihan masing-masing.

Kesembilan, do’akan semua umat Rasulullah supaya selamat dunia akhirat tanpa terkecuali.
Doa ini sebagaimana yang selalu dilakukan Syaikh Semman, yang dibaca sesudah shalat Shubuh yang dibaca 4x berturut-turut.

Mudah-mudahan kita semua bisa mengamalkan beberapa pesan beliau. Aamiin aamiin ya rabbal a’lamiin…!!!

Penulis: Muhammad Zainuddin bin H Abdurrahman, santri Guru Sekumpul.

________________

Semoga artikel Pesan Abah Guru Sekumpul: Bila Ada yang Menghinamu Jangan Dibalas, Kenapa? ini memberikan manfaat dan keberkahan untuk kita semua, amiin..

simak artikel terkait di sini

simak video terkait di sini