Perayaan Maulid Kiai As'ad dan Kisah Pepohonan Bahagia Bersama Nabi

Perayaan Maulid Kiai As’ad dan Kisah Pepohonan Bahagia Bersama Nabi

Diposting pada

Perayaan Maulid Kiai As’ad dan Kisah Pepohonan Bahagia Bersama Nabi.

Syahdan, dalam sebuah perjalanan ke acara undangan maulid nabi menyertai gurunya, Kiai As’ad Syamsul Arifin muda terheran-heran. penyebabnya, sang guru, di hampir separuh perjalanan seperti tampak begitu bahagia bahkan sesekali tertawa.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Karena penasaran, akhirnya Kiai As’ad memberanikan diri bertanya:

Kiai As’ad: Kenapa Kiai dari tadi begitu tampak bahagia?

Guru: nak, coba lihat pepohonan, tumbuh-tumbuhan dan binatang-binatang itu, mereka tampak bahagia karena menyambut maulid nabi.

************

Cerita ini saya dengar langsung dari Kiai Afifuddin Muhajir, beliau dari Kiai As’ad Syamsul Arifin. Guru yang dimaksud dalam percakapan ini adalah Kiai Jazuli Tattango, Pamekasan, seorang sufi cum mursyid thariqah naqsyabandiyah di masanya.

Dalam banyak literatur keislaman, seorang sufi dalam memandang sesuatu menggunakan dua hal. Pertama dengan pandangan mata kepala (ainul bashor), kedua pandangan mata hati (ainul bashiroh). Al-Ghazali dalam Ihya’ Ulumiddin berkata:

Baca Juga >  Ketika Gus Baha' Diundang ke Istana yang Megah

الذين يعجزون عن قراءة الأسطر الإلهية المكتوبة على صفحات الموجودات بخط إلهى لا حرف فيه ولا صوت الذى لا يدرك بعين البصر بل بعين البصيرة.

Memang sudah sewajarnya setiap orang merasa bahagia dengan hadirnya sosok yang kelak kita harapkan syafaatnya itu. Sayyid Muhammad ibn Alawi al-Maliki berkata, “Tidak layak seseorang yang berakal bertanya “Mengapa kalian memperingati maulid?”. Karena seolah-olah ia bertanya “Mengapa kalian bergembira dengan adanya kelahiran Nabi?”.

Selamat bermaulid kawan-kawan. Mari sambut dengan bahagia.

Karang-Anyar Paiton di awal bulan Rabiul awwal/anwar, 17 Oktober 2020.

Penulis: Ahmad Husain Fahasbu.

*Melengkapi cerita tentang Perayaan Maulid Kiai As’ad dan Kisah Pepohonan Bahagia Bersama Nabi, saksikan video berikut ini.