makam imam al-syafi'i

Pahami dengan Cermat, Haram Mendoakan Orang Mati!

Posted on

Akun instagram Kemenkeu Mengaji menyebut bahwa kirim Fatihah kepada orang yang sudah meninggal itu tidak disyariatkan. Akun ini kemudian viral dan ramai di media sosial. Kok bisa Kemenkeu mengaji mengurus kajian agama yang tidak pada wilayahnya? Itu kan urusan para ulama’, bukan urusan Kemenkeu!

Bersamaan dengan itu, dikisahkan seorang Kiai Durrahman baru saja pulang dari kuburan. Tiba-tiba, datang seorang pemuda HTI dengan gaya khasnya, jenggot kriting dan celana cingkrang.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Dengan gaya mengetes, si pemuda bertanya, “Pak Kiai, apa hukum mendoakan orang mati?”

“Haram!”

Si pemuda kaget. Ternyata jawaban Kiai Durrahman di luar dugaan.

“Apa alasannya, Kiai?”

“Islam mengajarkan, mendoakan orang harus yang baik-baik. Harusnya kita mendoakan orang banyak rezeki, sehat, atau panjang umur. Jangan sampai kita mendoakan orang mati, itu doa buruk.”

Baca Juga >  Humor: Gus Mus “Bersaudara” dan KKN UGM di Sleman

Si pemuda HTI itu ngeloyor pulang. Bingung dan gregetan dengan jawaban Kiai.

Kiai itu memberikan jawaban dengan sedikit guyonan, tapi itulah jawabannya yang sebenarnya. Seringkali jaringan kelompok salafi wahabi tanpa punya dalil yang jelas selalu mengafirkan doa untuk orang mati. (Amru/Bangkitmedia.com)