NU Pundong Bagikan Sembako Kepada Warga Terdampak Covid-19

NU Pundong Bagikan Sembako Kepada Warga Terdampak Covid-19

Posted on

PUNDONG, BANGKITMEDIA.COM.

Pada Jum’at, 10 April 2020, MWC NU Pundong membagikan sembako kepada warga kaum lemah (dhu’afa’) dan hand soap kepada pengurus takmir masjid di wilayah Kecamatan Pundong, Bantul, Yogyakarta.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Upaya galang solidaritas ditunjukkan berbagai elemen negeri ini dalam upaya pencegahan wabah serta saling bantu untuk meringankan beban hidup warga dhu’afa yang terdampak pandemi Covid-19. Demikian pula yang dilakukan Satuan Tugas (Satgas) NU Kecamatan Pundong.

Ketua Satgas NU Pundong, Jarot Mujikaryanto menyatakan bahwa sebelumnya pada hari Rabu (8/4/2020) NU Pundong telah mendapat undangan dari BAZNAS dan PCNU Kabupaten Bantul untuk mengambil paket sembako supaya disalurkan kepada warga miskin.

“Usai menerima alokasi paket sembako dari PCNU Bantul, paket sembako kami simpan di Kantor Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Pundong. “Selanjutnya, kami koordinasi dengan Pimpinan MWC NU Pundong, Ansor, dan para sesepuh NU, bagaimana teknis pembagian dan penyalurannya,” tegasnya.

Menurut Jarot, hasil dari koordinasi tersebut memutuskan bahwa pembagian paket sembako akan disalurkan kepada masing-masing pengurus anak ranting NU untuk diteruskan dibagikan kepada warga dhua’fa di masing-masing dusun.

“Untuk teknis pendistribusiannya dilakukan oleh kawan-kawan Ansor dan Banser NU,” lanjut Jarot.

MWC NU Kecamatan Pundong menaungi tiga desa yakni Panjangrejo, Srihardono, dan Seloharjo. Untuk itulah Ketua Ansor Pundong, Achat Farmadi membagi tiga tim dalam proses penyaluran paket sembako.

“Ada 25 anggota Banser yang ikut terlibat. Tim dibagi tiga kelompok dalam proses penyaluran sembako supaya bisa efektif distribusinya,” kata Achat Farmadi.

Baca Juga >  H. Yasmuri: PCNU Bantul Miliki 15 Ambulance, Siap Layani Masyarakat!

Selain membagikan paket sembako, Tim Satgas NU Pundong juga membagikan hand soap (sabun cair cuci tangan) sebagai upaya pecegahan penyebaran virus Covid-19.

Ketua MWC NU Pundong, KH Mustafied Amna mengatakan, hand soap yang dibagikan merupakan bantuan donasi dari Fatayat dan Garfa Bantul. Hand soap itu dibagikan ke seluruh masjid di wilayah Pundong.

“Semoga ini semua bisa membantu warga,” tegas Kiai Mustafied Amna.

Sementara itu, Jarot menambah bahwa proses pendistribusian berjalan lancar. Ini semua berkat gotong royong banyak orang serta sinergi antar pengurus NU Pundong.

“Kami berharap, semoga wabah corona ini lekas berakhir,” kata Jarot.

Jarot juga menegaskan bahwa saat lakukan pendistribusian sembako dan hand soap, para anggota Banser juga tidak lupa mengingatkan warga untuk mengikuti imbauan pemerintah.

“Jaga kesehatan, jaga kebersihan dengan sering cuci tangan, tingkatkan imun tubuh dengan makan bergizi dan cukup tidur, tetap lakukan jaga jarak (physical distancing), hindari keramaian, dan jika harus beraktifitas di luar rumah dimohon gunakan masker. Proses pendistribusian sembako dan hand soap yang dilakukan Satgas Pundong dimulai usai waktu dhuhur dan berakhir jelang maghrib,” pungkas Jarot.

Kontributor: Markaban Anwar, Pundong.