Siapa KH. Muhammadun Pondowan Pati

Ngaji Mbah Madun Pondowan Tayu: Kerukunan adalah Kekuatan

Posted on

Kerukunan adalah Kekuatan

Seri Pemikiran Tafsir 2:
KH. Muhammadun Pondowan

QS. Humazah

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

ويل لكل همزة لمزة – الذي جمع مالا وعدده – يحسب أن ماله اخلده – كلا لينبذن في الحطمة – وما ادراك ماالحطمة – نار الله الموقدة – التي تطلع علي الافئدة – انها عليهم موءصدة – في عمد ممددة

Dan tahukah kamu apa Huthamah itu , (yaitu) api (disediakan) Allah yang dinyalakan yang tidak pernah padam yang tembus sampai hati, sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka, (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang.

Supaya orang Islam tidak termasuk golongan orang yang menggunjing dan mengumpat orang lain yang akan masuk neraka Huthamah, maka umat Islam harus menggalang kerukunan satu dengan yang lain.

Hal ini sesuai hadis Nabi:

المسلم للمسلم كالبنيان الواحد يشد بعضهم بعضا

Orang muslim satu dengan muslim lainnya seperti satu bangunan yang sebagian dengan sebagian yang lain saling menguatkan.

Baca Juga >  Ngaji Kitab Safinah : Sebab – Sebab Tayamum

Tidak ada seorang muslim yang sempurna karena masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Orang yang diberikan kelebihan diperintahkan mengajari orang yang tidak tahu. Orang yang punya kekurangan belajar kepada orang yang lebih tahu. Di sinilah potret satu bangunan yang saling menyempurnakan satu dengan yang lain.

Nabi bersabda:

افضل العمل بعد الايمان التودد الي الناس

Sebaik-baiknya amal setelah iman adalah berkasih sayang kepada sesama manusia.

Hadis ini mengajarkan umat Islam untuk rukun, guyup, bekerjasama, dan berkasih sayang kepada sesama. Jika ada masalah, maka dibutuhkan strategi supaya kerukunan dan kerjasama tetap bisa terjaga. Kerukunan dan kerjasama ini adalah kekuatan umat Islam.

Transkrip Ngaji Mbah Madun

Kamis, 29 November 2018 M. – 21 Rabi’ul Awal 1440 H.

(Penulis: Jamal Ma’mur Asmani, IPMAFA Pati)