menutup mulut
Hikmah

Menutup Mulut Saat Menguap, Ini Rahasianya!

Dari Abdir Rahman bin Abi Sa’id, dari ayahnya, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

حدثنا قتيبة بن سعيد.حدثنا عبد العزيز عن سهيل,عن عبد الرحمن ابن أبي سعيد,عن أبيه,أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال : إذا تثاوب أحد كم,فليمسك بيده على فيه,فإن الشيطان يدخل.رواه مسلم,شرح صحيح مسلم,كتاب الزهد و الرقائق,باب تشميت العاطس,و كراهة التثائب,رقم ,2995 : صفحة 96 :

Apabila salah seorang di antara kamu menguap,maka tutuplah mulutnya dengan tangannya, karena kalau tidak di tutup, maka setan pun akan masuk kedalam mulut.(H.R.Muslim) Syarah Shahih Muslim, Kitaabudz Zuhdi War Roqooiq, Hadist No.2995, Hal.96.

Didalam Riwayat lain di sebutkan dari Abi Sa’id Al-Khudry Rodhiyallahu ‘Anhu:

إذا تثاوب أحدكم في الصلاة,فليكظم ما استطاع.فإن الشيطان يدخل.رواه مسلم,شرح صحيح مسلم.

Apabila salah seorang kamu menguap di dalam shalatnya,maka hendaklah ia menahan sebisa mungkin.karena kalau tidak setan pun akan masuk ke dalam mulut.(H.R.Muslim) Syarah Shahih Muslim.

Penjelasan :

Imam Nawawi Rohimahullah berkata di dalam Syarah Shahih Muslim hal. 95: Al-Kadzmu itu artinya menahan. Para ulama berkata: Bahwa dianjurkannya menahan nguap dan menolaknya, dan meletakkan tangan ke mulut untuk menutupi setan agar tidak bisa masuk ke dalam mulut dan agar setan tidak ketawa melihatnya. Karena sesungguhnya menguap itu berasal dari setan, karena setelah menguap akan menghasilkan kemalasan yang teramat sangat berat di badan kita.

Betapa banyak kita temukan di masyarakat, baik dari teman, tetangga atau orang yang kita kenal, kadang-kadang ketika mereka menguap,mereka biarkan mulutnya terbuka lebar tanpa menahan ataupun menutupnya dengan tangan mereka. Maka sudah selayaknya kita ingatkan mereka yang mungkin belum mengetahui. Karena ketika mulut tidak di tutup ketika menguap maka setan pun akan berlomba lomba masuk kedalam mulut kita.

Semoga setelah ini sahabat mau mengamalkan apa yang telah didapatkan dari hadist dan bacaan ini.

(Muhammad Alfatih Sukardi, Pekanbaru Riau)

donasi bangkit

Advertisement

Fans Page

Advertisement