bangkit edisi juli

Majalah Bangkit Edisi Juli 2017

 

Majalah Bangkit – Tantangan konkrit yang kita hadapi saat ini adalah MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Untuk menjawab tantangan itu, pendidikan harus mampu menghasilkan kualitas SDM yang mampu berdaya saing. Sekarang ini kalau kita melihat sebagian besar tenaga kerja di Indonesia level pendidikannya masih didominasi pendidikan dasar, yakni 44%. Sementara, untuk perguruan tinggi baru sekitar 12%. Kita perlu mengejar pendidikan di level menengah setingkat Diploma (D3). Ini yang harus diperbanyak, terutama pendidikan tenaga terampil. Karena dari perguruan tinggi yang 12% tersebut, level D3 hanya sekitar 3%, sisanya 9% itu strata 1 (S1).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah mencanangkan revitalisasi SMK dan sekolah vokasi untuk mecetak tenaga terampil ini sebanyak-banyaknya. Seharusnya memang tenaga terampil menengah ini yang kita butuhkan untuk mengimbangi atau bahkan harus lebih banyak dari tenaga ahli lulusan S1, sehingga kita akan mampu bersaing dengan negara-negara ASEAN.

Era MEA adalah era bebas, karena itu ada kriteria atau ukuran-ukuran sebagai syarat untuk profesi-profesi tertentu yang sudah disepekati di tingkat ASEAN. Sampai saat ini, setidaknya sudah ada delapan profesi yang memiliki standar kualitas,seperti enginer, perawat, pariwisata, dan lain sebagainya. Profesi-profesi ini akan secara bebas masuk di ASEAN. Kalau tenaga kerja kita tidak mampu bersaing, maka kita akan ketinggalan. Negara kita akan dimasuki oleh tenaga-tenaga kerja dari luar yang lebih berkualitas, kalau kita tidak siap.Maka harus ada kesiapan dari tenaga kerja kita untuk bersaing dengan negara-negara se ASEAN.

Baca Juga >  Di Iraq, Kiai Asyhari Habiskan Gaji untuk Beli Buku

Kita punya tugas untuk mengeser pendidikan dasar ke pendidikan tenaga terampil menengah. Kebijakan pemerintah untuk sekolah menengah juga bergeser dari SMA ke SMK. Pendidikan terampil perlu memperbanyak sekolah-sekolah vokasi. Berbeda dengan level S1 yang sekarang sudah mulai dibatasi, karena sudah terlalu banyak. Selain itu, pemerintah juga telah melakukan revitalisasi Politeknik dalam rangka menyiapkan tenaga terampil yang memiliki daya saing.

Tentang pendidikan dan daya saing bangsa, baca di Majalah Bangkit Edisi Juli.

_

Hotline pemesanan & berlangganan majalah :
085740902266 ( Ichin )
089668307556 ( Udin )