Luncurkan Pusaka Sakinah dan Kampung Zakat Wakaf, Menag Lukman: Medan Pengabdian Kita Semakin Luas

Luncurkan Pusaka Sakinah dan Kampung Zakat Wakaf, Menag Lukman: Medan Pengabdian Kita Semakin Luas

Posted on

Berita NU, BANGKITMEDIA.COM

Bantul (Inmas DIY)—Melalui program Pusat Layanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah) dan Kampung Zakat Wakaf, maka semakin luas medan pengabdian Kementerian Agama. Karena keduanya akan membawa manfaat secara langsung kepada masyarakat.

Info Peluang Usaha Depot Air Minum Isi Ulang by INVIRO

Menag Lukman Hakim Saifuddin menandaskan hal tersebut saat meluncurkan Pusaka Sakinah dan Kampung Zakat Wakaf di Aula Lantai 3 Gedung Induk Komplek Pemkab Bantul, Kamis (12/9). Hadir selain Menag, Wagub DIY KGPAA Paku Alam X, Bupati Bantul Suharsono dan Wabup Abdul Halim Muslih serta Kakanwil Kemenag DIY Edhi Gunawan, Alissa Wahid dan ratusan hadirin lainnya.

“Peluncuran Pusaka Sakinah adalah untuk memelihara sekaligus memberikan penguatan kepada keluarga kita,” tegasnya. Melalui program ini pula, imbuh Menag, dapat menanamkan Moderasi Beragama berbasis keluarga. “Keluarga perlu dibekali pemahaman agama yang moderat,” sambung putra mantan Menag KH Saifuddin Zuhri (alm) itu.

“Kami di Kemenag sejak 4 tahun terakhir terus melakukan penguatan bahwa keluarga memiliki posisi strategis,” tambah Menag.

Selain program Pusaka Sakinah, Kemenag menurutnya akan terus memperbanyak desa yang mampu mengembangkan zakat wakaf melalui pengembangan ekonomi. “Saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya, khususnya kepada Pemda DIY termasuk Pemkab Bantul dan Pemkab Sleman,” imbuhnya lagi.

Di sisi lain, Kemenag terus meningkatkan kemampuan penghulu selain sarana-prasarana Kantor Urusan Agama (KUA). “Sebab ekspektasi masyarakat sangat tinggi. Kita hadapi tantangan yang semakin tidak sederhana dan KUA adalah etalase terdepan Kementerian Agama,” urai Menag seraya menambahkan jumlah KUA seluruh Indonesia saat ini mencapai tidak kurang dari 5.945 KUA.

“Kita sekarang hidup seperti di dalam akuarium.
Sebagai unit terdepan di tiap kecamatan, etalase terdepan Kemenag ini harus benar-benar dijaga,” pesan Menag lagi.

Terakhir Menag menilai perlu penguatan moderasi beragama. “Bahwa yang dimaksud dengan moderasi beragama adalah upaya mewujudkan pemahaman dan pengamalan agama yang moderat, yang terhindar dari bentuk pemahaman dan praktik keagamaan yang berlebih-lebihan, tidak terlalu ektrim kanan maupun ekstrim kiri,” tandasnya.

Sebagai tanda peresmian Pusaka Sakinah dan Kampung Zakat Wakaf, Menag Lukman dengan didampingi Wagub DIY KGPAA X, Sesditjen Bimas Islam Tarmizi Tohor, Bupati Bantul Suharsono dan Kakanwil Edhi Gunawan memukul bende. Dilanjutkan penandatanganan Komitmen Bersama Mewujudkan Ketahanan Keluarga Menuju Indonesia Emas 2045.