Lebih Mulia Mana, Anda atau Sahabat Nabi? Ini Jawaban Syekh Abdul Qodir Jilani

Posted on

As-Sayyid Syekh Abdul Qodir al Jilani RA adalah orang yang hebat. Beliau adalah orang yang ahli ibadah, bahkan mendapatkan gelar sebagai rajanya para wali (sultonul auliya’).

As-Sayyid Syekh Abdul Qodir al Jailani di dalam riwayat pernah ditanya oleh seseorang:

“Wahai Syekh Abdul Qodir, anda ini orang yang istimewa, anda ini orang yang hebat, namun lebih mulia mana anda dengan sahabat sahabat Rasulullah SAW?

Lalu beliau kaget dan beliau menjawab pertanyaan itu: “Ketahuilah bahwa debu dari sandal sahabat nabi yang paling terakhir tertinggalnya, tanah yang ada di bawah sandal mereka hal itu lebih mulia dari pada aku.”

“Sebab apa ? Mereka para sahabat Nabi sangatlah mulia dan nyawa mereka murah hanya untuk membela Rosululloh. Contoh kecil saja, dahulu di saat terjadi peperangan ada anak panah yang terbang ke arah Rosul, maka kaum muhajirin dan anshor rebutan dan berlomba lomba loncat jangan sampai anak panah itu mengenai Rasulullah.”

Baca Juga >  Kisah Seorang Kiai Meragukan Kewalian Kiai Hamid Pasuruan

“Mereka tadahi anak panah itu dengan wajah mereka, mereka tadahi anak panah itu dengan badan mereka, mereka rela kalau anak panah itu menancap pada wajah maupun tubuh mereka asalkan anak panah itu tidak menancap pada diri Nabi Muhammad. Mereka bukannya takut malah mereka sangat berani melakukan hal itu.”

Jawaban Syeikh Abduk Qodir al-Jilani ini sungguh menggetarkan. Itulah kemuliaan para sahabat Nabi, jangan pernah sedikitpun kita ragu dengan kemuliaann para sahabat. (red)