Kisah Syekh Badruddin Al-Hasani Bersedekah dan Minta Doa Para Pelacur

Posted on

Sebuah kisah dari salah satu ulama terbaik yang pernah terlahir dan hidup di Negeri Syam yaitu Al-Imam Asy-Syarif Al-Muhaddits Al-Akbar Al-‘Arifbillah Maulana Syaikh Badruddin Al-Hasani RA.

Suatu hari beliau mendengar bahwa di pojokan kota Damaskus telah berdiri tempat pelacuran, beliau lantas memanggil salah satu murid terbaiknya, Syaikh Yahya yang sudah berumur 60 tahun.

“Datangi tempat itu, temui ketuanya dan bawa uang ini, sampaikan salamku pada mereka dan katakan bahwa aku meminta mereka mendoakan diriku.” Ucap beliau seraya memberi uang Dinar emas yang jumlahnya banyak sekali.

“Sam’an wa thoatan (siap laksanakan-red),” Syaikh Yahya menuju tempat itu, dengan jenggot putih tebal, jubah, dan surban di kepala.

Sampai di tempat ia memanggil wanita yang menjadi germo di tempat itu, memberinya sekantong uang emas lalu berkata:

“Syaikh Badruddin mengirim salam untuk kalian dan meminta kalian mendoakan beliau, dan jangan lupa bagikan uang-uang ini pada teman-temanmu.”

Salah seorang pelacur berkata, “Bagaimana mungkin ulama yang alim seperti beliau meminta doa dari kita?”

Baca Juga >  Ali Zainal Abidin RA, Cermin Seorang Keturunan Kanjeng Nabi

Para pelacur itu tentu kaget luar biasa mendapat hadiah dan salam dari pemuka ulama Syam waktu itu, Syaikh Yahya berkata:

“Ketika aku keluar dari tempat itu, aku mendengar para pelacur itu berteriak dan menangis, tentunya kebanyakan dari mereka telah bertaubat kepada Allah Swt..”

Setelah kejadian itu, ketika masyarakat hendak melakukan sholat subuh, mereka digemparkan oleh kedatangan para pelacur yang berbondong-bondong salat subuh di masjid Sayyid Badruddin. Mereka lalu bertaubat, menghadiri majelis pengajian beliau dan berubah menjadi wanita terhormat.

Kisah ini dikutip dari kitab,:”Muhadditsu As-Syam As-Sayyid Badruddin Al-Hasani”

Semoga berkah bermanfaat dunia akhirat, Aamiin..

Wallahu’alam Bis-Showab

Penulis: M Al-Ghazali bin Ishaq.