KH. Mahrus Ali Lirboyo
KH. Mahrus Ali Lirboyo

Kisah Rahasia Seorang Kiai Anti Air dari Lirboyo Kediri

Posted on

Kisah ini diriwayatkan KH Ahmad Chalwani Nawawi Berjan Purworejo. Beliau alumni Pesantren Lirboyo Kediri Jawa Timur. Suatu saat, Kiai Chalwani mengisahkan kiai Lirboyo yang punya karomah ketika tenggelam di tengah sungai Bengawan Solo, Gresik.

Saat itu, karena supirnya yang ngantuk, sang kiai bersama mobilnya kecebur dan tenggelam di tengah sungai Bengawan Solo, daerah Sembayat Gresik. Tentu saja, mobil yang menjadi penderek di belakangnya bingung bukan kepalang, apalagi saat itu yang jadi penderek di belakangnya ada Bupati Gresik.

“Bagaimana nasib sang kiai. Ayo segera cari solusi secepatnya. Segera datangnya derek dari yang terdekat,” kata Bupati Gresik dengan nada panik.

Akhirnya, derek didatangkan dari Surabaya. Gresik belum ada saat itu. Tentu saja ini membuat Bupati Gresiktambah panik, karena jarak antara Surabaya-Gresik memakan waktu tidak sedikit.

Setelah derek sampai, ditariklah mobil yang tenggelam ke atas. Sampai di atas, pintu mobil dibuka, sang kiai yang dikhawatirkan malah sedang merokok.

Baca Juga >  Keragaman Adalah Sunnatullah

“Ternyata merokok menghidupkanmu, tidak membunuhmu!” canda KH Chalwani Berjan.

Sedikit saja, tidak ada air yang masuk ke mobil sang kiai, semuanya segar bugar. Sampai-sampai, berita ini dimuat di Jawa Pos dan Surabaya Pos.

“Ada Kyai Anti Air”.

Kiai istimewa itu adalah KH Mahrus Ali, sosok ulama’ terkemuka yang masyhur pada jamannya. (Abu Umar/Bangkitmedia.com)