guru sekumpul

Kisah Pengusaha Batubara Takjub dengan Karomah Guru Sekumpul

Posted on

Abah Guru Sekumpul Martapura adalah sosok ulama’ besar Kalimantan yang dikenang jasa-jasanya oleh dunia. Nama lengkapnya dalah KH Muhammad Zaini Abdul Ghani. Beliau dikenal sangat masyhur dengan karomahnya, bahkan ada seorang pengusaha batubara yang takjub dengan karomah itu.

Nama pengusaha itu adalah H. Rahmat dari Gunung Sambung. Pengusaha dikenal mempunyai kedekatan dengtan Abah Guru Sekumpu, sehingga kalau ada suatu masalah yang menimpanya sering sekali konsultasi dengan Abah Guru Sekumpul.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Saat itu, H. Rahmat yang tengah mengelola tambang batubara, sedang memerlukan dana untuk modal pengembangan usahanya. Jalan satu-satunya bagi H. Rahmat untuk mendapatkan dana yang cukup banyak itu adalah meminjam dana dari Bank.

Tidak lama setelah itu, ia di telpon Abah Guru Sekumpul.

“Rahmat, kamu handak meminjam duit di bank kah?,” tanya Guru Sekumpul.

“Kalau masih kurang, ambil dana dari Abah Guru saja, berapa kamu perlunya?,” lanjut Abah Guru.

Baca Juga >  Beda Antara Iblis dan Nabi Adam

H. Rahmat terkejut bukan kepalang, kerena keinginannya itu sudah lebih dulu diketahui oleh Abah Guru Sekumpul.

“Inggih Abah Guru, inggih Abah Guru..” jawab H Rahmat.

Beberapa hari kemudian, H. Rahmat datang menemui Abah Guru Sekempul. Ketika itu sudah di rumah, Abah Guru Sekumpul mengatakan, “Rahmat, kamu perlu berapa?”

Abah Guru lalu membukakan satu persatu lemari yang ada di rumah beliau, yang membuat H. Rahmat terperanjat dan terkejut bukan main, kerena setiap lemari yang dibuka, semuanya penuh berisi uang, baik di dalam kamar hingga di luar kamar, sampai ke lemari dapur semuanya berisi penuh dengan uang.

Kejadian ini membuat H. Rahmat tidak berani mengambil uang tersebut, selain yang memang dikasihkan Abah Guru Sekumpul. Wallaahu-a’lam.

(Mukhlisin)