amin rais

Kapan berakhir Gelar Guru Besar?

Posted on

Di Indonesia, gelar guru besar diberikan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (dengan nama yang beberapa kali ganti). Universitas yang mengajukan. Pencabutan gelar dilakukan Kementerian, bukan universitas.

Hanya saja, karena gelar akademik, guru besar berakhir ketika pensiun dari kerja akademik. Disebut retired. Di sisi lain, karena gelar di Indonesia juga status sosial, gelar profesor atau guru besar masih dipanggil masyarakat yang menghormati mereka.

Di Amerika, gelar guru besar atau profesor diberikan kampus dimana seseorang berkiprah, bukan kementerian. Guru besar melalui proses akademik, dengan review banyak profesor dari berbagai kampus. Gelar guru besar juga bisa berpindah dari satu kampus ke kampus lain selama belum retired. Ketika retires, biasanya disebut emeritus. Gelar profesor juga bukan gelar sosial, dan karena itu, biasa saja seorang profesor tidak dipanggil profesor di luar kampus.

Baca Juga >  Kenapa Banyak Mahasiswa Tidak Capek Kuliah Berlama-lama?

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Penulis: Muhammad Ali.