Jokowi : Pramuka Ma’arif NU Harus Cepat Tanggap Menyikapi Perubahan Zaman

Posted on

a17ade6c-d7b7-49a2-a902-a53c675c8cc9

MAGELANG, BANGKITMEDIA.COM

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Presiden Joko Widodo menghimbau kepada pramuka Ma’arif NU agar cepat tanggap dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman yang begitu cepat. Jika pramuka Ma’arif NU bersikap pasif, maka akan tertinggal. Demikian disampaikan Jokowi saat membuka membuka kegiatan Perkemahan Wirakarya Pramuka Ma’arif NU Nasional II (Perwimanas II) yang diselenggarakan oleh PP LP Ma’arif NU, Senin (18/9/17). Upacara pembukaan dilaksanakan di Lapangan Tembak Akmil Magelang, Jawa Tengah.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bahwa Indonesia saat ini menghadapi berbagai tantangan. Persaingan global yang semakin sengit, baik persaingan individu maupun antar negara, merupakan hal yang tidak bisa dihindarkan. “Saat ini kita saling beradu inovasi, beradu kecepatan, beradu ketrampilan, beradu kecepatan, dengan bangsa-bangsa lain,” tutur Jokowi.

Disisi lain, keterbukaan medsos dimana semua orang bebas berbicara memunculkan fenomena fitnah, hoax, dan ujaran kebencian. Hal ini bisa mengganggu stabilitas nasional mengingat bangsa Indonesia terdiri dari banyak suku, agama, dan keragaman lain. Karenanya, ia berharap medsos bisa dimanfaatkan untuk hal-hal positif.

Baca Juga >  PC IPNU-IPPNU Kota Yogyakarta Sukses Selenggarakan Konfercab XVIII

Jokowi juga menyinggung keterlibatan pelajar dalam kasus narkoba yang masih massif terjadi. Karenanya, Jokowi menghimbau agar pramuka Ma’arif NU bisa membentengi dirinya dari berbagai ekses negatif tersebut. Jokowi yakin dengan pondasi karakter yang diberikan Ma’arif NU bisa menjadi benteng bagi para pelajar.

“Saya bangga pramuka ma’arif NU yang telah menyampaikan deklarasi mempertahankan NKRI dan Pancasila,” pungkas Jokowi. (Anas)