Humor Kiai Kholil Bisri dan Kiai Zainal Abidin Munawwir Krapyak

Humor Kiai Kholil Bisri dan Kiai Zainal Abidin Munawwir Krapyak

Posted on

Humor Kiai Kholil Bisri dan Kiai Zainal Abidin Munawwir Krapyak.

Gus Zainal versus Gus Kholil (Kyai Kholil Bisri – ya kakak Gus Mus) jangan diartikan “lawan” sebagai layaknya tinju/sepakbola, jangan. Maksud penulis hanya sekedar santri membuat gemes Kiainya…

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

O… lha dalah… siapa yang tak kenal Gus Kholil waktu mondok di Krapyak. Hampir semua santri mengenalnya. Maklum dia santri yang menonjol. Anak Kyai terkenal, yang cerdik, pintar, dan nuakal. Saking nakalnya acapkali kena marah/sindir Kyai.

Pernah kan Gus Mus sendiri bercerita, ia dihukum Mbah Ali – gara-gara Gus Kholil tidak ngaji. Kata Mbah Ali – ra keno kakake… adine wae…. Akhirnya Gus Mus yang kena hukuman “nyapu”…

Krapyak di waktu senja tiba… Gus Kholil sudah siap-siap.

“Mau kemana Gus?,”  Tanya kawan.

“Mau adzan,” Jawab Gus Kholil.

“Tumben!,” tegas kawannya.

“Dengarkan ya adzanku,” ketus Gus Kholil sambil melangkah ke masjid.

Kawan-kawanpun mendengarkan dengan sungguh-sungguh… Maasyaa Allaah… Adzan Gus Kholil lain dari yang lain. Ketas banget, iramanya ala dia – pendek-pendek, kaku, tak enak didengar telinga. Wow, pondok jadi guncang.

Baca Juga >  Berapapun Santri, Kiai Zainal Abidin Munawwir tetap Ngaji

Gerangan siapa itu yang berani Adzan seperti itu?

Tak pelak Gus Zainal juga ikut dengar. Ia keluar dari kamar/gothakannya, perlu mencari tahu siapa yang adzan. Dengan gemes dan nada kurang senang berjalan setengah lari ke masjid. Melihat Gus Zainal datang menuju masjid. Gus Kholil gak kurang akal, ia lari lewat jendela pengimaman (masjid PP Krapyak kan ada ventilasi lebar.)

Gus Kholil lari menghilang

Gus Zainal sampai di TKP tidak ditemui seorang pun. Sambil nada jengkel bergumam: Adzan kok main-main, sambil kembali ke kamarnya.

Alah Gus, Gus… wis njaluk ngapuro durung…?

Allahu yarham lahuma,

Demikian kisah Humor Kiai Kholil Bisri dan Kiai Zainal Abidin Munawwir Krapyak, semoga menyegarkan.

Krapyak, 17-03-2015

Penulis:  KH Munawir AF, Mustasyar PWNU DIY.