Pemeran Film The Santri: Veve Zulfikar, Wirda Mansur dan Gus Azmi
Pemeran Film The Santri: Veve Zulfikar, Wirda Mansur dan Gus Azmi

Hukum Masuk Gereja: Menjawab UAS dan Uu Ruzhanul Ulum

Posted on

Sepekan ini media digegerkan tentang pro kontra film The Santri. Statemen yang tendensius juga keluar dari Ustad Abdus Shomad (UAS) dan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum. Abdus Shomad mempermasalahkan karena diantaranya ada adegan masuk ke gereja. Sedangkan Wakil Gubernur Uu mengeluarkan pendapat ekstrim dengan menuduh murtad bagi yang masuk gereja, meskipun akhirnya diralat. Kalau bagaimana sebenarnya hukum masuk gereja?  Saya mencoba membuka-buka literasi dan menemukan beberapa pendapat ulama tentang hukum masuk gereja.

Pertama,  Haram. Pendapat ini dikeluarkan oleh ulama Hanafiyyah dan sebagian ulama Syafi’iyyah. Madzhab Hanafiyyah beralasan bahwa gereja itu tempat maksiat yang banyak setannya.

Info Peluang Usaha Depot Air Minum Isi Ulang by INVIRO

Kedua,  Boleh. Ini merupakan pendapat ulama madzhab Hanbali dan sebagian ulama Syafi’iyyah seperti Syech Zakariyya Al-Anshari dalam kitab Tuhfatul Muhtaj (2/424), Imam Ar-Ramli dalam kitab Nihayatul Muhtaj (2/63), Syekh Jalaluddin Al-Mahalli dan As-Suyuthi dalam Qulyubi wa Umairah (4/236). Ulama yang berada di baris kedua ini beralasan bahwa tidak ada dalil yang jelas (sharih)  yang melarang seorang muslim masuk gereja. Justru yang ada dalil memperbolehkan di mana saat Umar bin Khattab menyuruh orang-orang Nasrani memperluas gereja agar dapat digunakan orang muslim bermalam atau berteduh.

Baca Juga >  Beberapa Pendapat Fiqih Ibnu Hazm yang Mengundang Tawa

Oleh: KH. Fajar Abdul Bashir, LBM PWNU DIY