gus dur di krapyak

Ceramah di Gereja, Gus Dur Dilaporkan kepada KH Ali Maksum

Posted on

Drs.K.H.A. Buchori Masruri (alm) galau tingkat akut ketika Ketua Umum PBNU Gus Dur memberikan ceramah di salah satu gereja di Jawa Timur.

Sebagai Ketua PWNU Jateng beliau mendapatkan banyak keluhan bahkan kecaman dari berbagai pihak perihal ke-nyeleneh-an Gus Dur itu.

Pak Buchori menemui gurunya yang juga guru Gus Dur, yakni K.H. Ali Maksum, pimpinan PP Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta. Disampaikanlah kegalauan itu kepada sang guru.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

“Lha kalau dia tidak berceramah di gereja, lalu kapan umat Nasrani akan mendapatkan pesan-pesan Al-Qur’an?” begitu jawaban Kiai Ali.

Jawaban gurunya itu mengkonfirmasi kegalauan hati Pak Buchori. Itu berarti, tidak ada larangan bagi kiai untuk berceramah di gereja.

Oleh karena itu, ketika Gereja Kathedral Randusari (Tugu Muda) Semarang mengundangnya untuk memberikan mauidzah hasanah, Pak Buchori datang menyampaikan pesan-pesan Al-Qur’an sebagaimana yang juga dilakukan Gus Dur.

Baca Juga >  Ketika Mbah Zabidi Marzuqi Giriloyo Mimpi Bertemu Kanjeng Nabi

Lahumul fatihah.

(Penulis: Akhmad Musta’in)