MWC NU Nanggulan Skuad

Bersinergi dalam Bingkai NKRI

Pagelaran pawai dan baris berbaris atau yang biasa disebut dengan karnaval oleh kebanyakan masyarakat umum seperti menjadi agenda yang tidak bisa dihilangkan. Utamanya pada hari-hari sakral seperti hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan tersebut melekat pada tiap-tiap daerah. Biasanya diselenggarakan mulai dari tingkat kecamatan atau tingkat kelurahan.

Kecamatan Nanggulan adalah salah satu kecamatan yang berada di Kulonprogo. Di kecamatan ini, karnaval untuk merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia dilakukan pada hari Sabtu, 18 Agustus 2018 pukul 13.00. Rutenya, dimulai dari lapangan Wijimulyo dan berakhir di kantor Kecamatan Nanggulan. Karnaval ini, selain diikuti oleh ratusan siswa sekolah dasar hingga menengah atas, juga diikuti oleh masyarakat umum. Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Nanggulan juga ikut ambil bagian dalam event yang diselenggarakan setahun sekali ini.

Pada karnaval kali ini, MWC NU Nanggulan dengan didukung oleh Satkoryon Banser Nanggulan dan Pimpinan Anak Cabang (PAC ) IPNU-IPPNU Nanggulan mengusung tema Bersinergi dalam NKRI. Dengan nomor urut 7 dan diikuti oleh 40 orang, para peserta NU Nanggulan menampilkan berbagai  busana dari semua agama, baju adat dan berbagai budaya asli Indonesia.

Tak hanya itu saja, para peserta dari NU Nanggula juga menampilkan drama musikal tentang terorisme. Pesan yang ingin disampaikan dari drama yang dipertunjukkan ialah, semua lapisan masyarakat di Indonesia menentang adanya terorisme. Mereka juga ingin ikut andil dalam menjaga golongan-golongan minoritas. Artinya tidak hanya aparat pemerintahan saja yg berperan dalam menjaga,  tetapi semua lapisan masyarakat wajib ikut berperan. Mengingatkan semuanya jika kita semua saudara,  saudara seiman,  sebangsa dan setanah air yang harusnya saling menjaga.

Baca Juga >  NU Sewon Siap Gelar Apel Akbar

Sebelum mengikuti karnaval ini, MWC NU Nanggulan, Satkoryon Banser Nanggulan beserta PAC IPNU IPPNU Nanggulan sehari sebelumnya, yakni tanggal 17 Agustus 2018 juga telah melaksanakan upacara bendera. Upaca bendera yang diikuti tak kurang ratusan warga sekitar Donomulyo tersebut diselenggarakan di Lapangan Donomulyo pukul 07.00 WIB. Selain warga sekitar, upacara ini juga diikuti oleh beberapa TK serta banom NU Nanggulan.

Kegiatan upacara memperingati Hari Raya Kemerdekaan RI  dihadiri langsung oleh K.H Wasiluddin selaku Ketua PCNU Kulonprogo. Mahmudin selaku ketua panitia mengatakan jika kegiatan ini merupakan wujud bakti terhadap Negeri. Dengan menggandeng masyarakat di pedesaan yang tidak bisa mengikuti upacara, diharapkan menumbuhkan rasa cinta dan peduli terhadap negara ini.

(Fifi, Kader PAC IPPNU Nanggulan)