lihat bulan

Awal Jumadil Ula 1440 H Jatuh pada Selasa 8 Januari 2019 M

Posted on

Rabiul Akhir 1440 H tak lama lagi berakhir. Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) mengikhbarkan awal Jumadil Ula 1440 H jatuh pada hari Selasa.

“Awal bulan Jumadil Ula 1440 H bertepatan dengan Selasa Pon (mulai malam Selasa), 8 Januari 2019,” ujar KH A Ghazalie Masroeri, Ketua LF PBNU, melalui siarannya, Senin (7/1).

Ikhbar tersebut, jelasnya, didasarkan pada penyempurnaan tanggal mengingat tidak ada perukyat yang melihat hilal pada Ahad (6/1) petang lalu, atau bertepatan dengan tanggal 29 Rabiul Akhir.

Info Peluang Usaha Depot Air Minum Isi Ulang by INVIRO

“Atas dasar istikmal karena tidak ada perukyat yang dapat melihat hilal pada Ahad petang tadi,” lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, tinggi hilal pada tanggal 29 Rabiul Akhir adalah 2 derajat 46 menit 12 detik dengan lama waktu kemunculannya lebih dari 14 menit.

Secara teori, hal ini sudah memenuhi kriteria imkanur rukyah, bisa dirukyat. Akan tetapi, karena ketiadaan perukyat yang dapat menangkap hilal tersebut dengan matanya, maka Rabiul Akhir harus digenapkan menjadi 30 hari.

Baca Juga >  Teladani Figur KH Sholeh Darat Melalui Haul Ke-117

Kiai Ghazalie menyampaikan terima kasih kepada para perukyat yang telah berpartisipasi dan berkontribusi dalam ikhbar awal bulan ini.

“Terimakasih atas isytirok (partisipasi) dan isham (kontribusi) Nahdliyyin,” pungkasnya. (NU-Online)