Ziarah Makam Guru Sekumpul

Ziarah Makam Guru Sekumpul, Ini Penjelasan dan Tata Caranya

Posted on

Ziarah Makam Guru Sekumpul, Ini Penjelasan dan Tata Caranya. Makam Abah Guru Sekumpul tak pernah sepi dari peziarah. Apalagi kalau waktu haul, jutaan manusia datang berziarah ke makam Abah Guru Sekumpul. Yang datang ziarah setiap saat bukan saja warga Kalimantan, melainkan juga peziarah dari berbagai penjuru Nusantara dan dunia. Mereka semua datang karena sangat yakin bahwa berkah Abah Guru Sekumpul memang luar biasa, sosok wali Allah yang penuh kasih sayang.

Almarhum Guru Hudhari pernah memberikan pesan kepada kami para santri Pesantren Darussalam. Guru Hudhari memberikan juga ijazah dzikir nasyid (dzikir Samman). Beliau juga berpesan bahwa kalau ada hajat yang belum qabul, maka ziarahlah ke makam Guru Sekumpul supaya hajat kita disampaikan kepada Rasulullah. Bagi beliau, Guru Sekumpul itu tongkatnya dunia, maka wajar kita bertawassul kepadanya.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Adapaun adab ziaroh ke makam Abah Guru Sekumpul menurut Guru Hudhari adalah sebagai berikut:

1- Sebelum ziaroh berwudhu dulu.

2- Sebelum duduk di dekat qubah, berdiri dulu membaca salamullah yaa saadah.

3- Sesudah membaca salamullah yaa saadah jangan duduk dulu, tapi musyahadahkan Guru Ijai ada di hadapan kita, kemudian kita minta izin bahwa ada hajat yang minta disampaikan kepada Rasulullah saw sambil berdiri.

4- Setelah itu duduk, membaca yaasin/tahlil dan do’a arwah/fatihah 4 kali yang dihadiahkan lawan Guru Ijai, Guru Semman Mulya dan Guru Salman Jalil lawan Hj. Masliyah.

Baca Juga >  Siapakah Bapaknya Para Jin?

5- Sesudah itu jangan berdiri dulu, sambat apa saja hajat kita, berkat pian kami ada di sini tapi mata terpejam.

6- Berdiri sambil membaca shalawat dan yaqini Abah Guru Sekumpul adalah wali.

7- Sebelum balik, di dalam hati, berkat Abah Guru qobul hajat kami.

Ketujuh adab ini harus dilakukan dengan baik. Sebagai murid Abah Guru Sekumpul, maka sangat tepat kalaukita selalu mambacakan yaasin dan mando’akan be

liau. Karena kita nanti adalah yang mengisi kerajaan yang sudah dibangun Abah Guru di akhirat. Ibaratnya, wali kelasnya Abah Guru Ijai, kepala sekolahnya ya Datu Kalampayan yang berada di bawah naungan Syaikh Semman Al-Madani. Itulah kerajaan yang dipimpin 3 wali qutub sekaligus.

Mudahan berkat Guru Sekumpul kita bisa terkumpul dengan beliau di akhirat. Kita juga semoga bisa terkumpul dengan Datu Arsyad Kalampayan, Guru Bangil, Guru Semman Mulya, Guru Salman Jalil, Guru Hudhari, dan lainnya. Aamiin…!!!

Demikian Penjelasan Tata Cara Ziarah Makam Guru Sekumpul

Penulis: Muhammad Zainuddin bin H.AbdurRahman, santri Abah Guru Sekumpul.