tengku zulkarnain

Tashrif Lucu ala Tengku Zulkarnain, Kafaro-Yukaffiru-Kufron

Posted on

Pagi ini media soisal di hebohkan dengan video Wasekjen MUI Tengku Zulkarnain, pasalnya dalam video tersebut dia keliru mentasrif lafadz ‘Kafir’. Berikut videonya

Dalam video dia menyebut asal Kafir itu “Kafaro-Yukaffiru-Kufron” ya jelas salah lah.

Info Peluang Usaha Depot Air Minum Isi Ulang by INVIRO

Karena lafadz ‘kafir’ merupakan isim fail tsulasi mujarod dari madzi kafaro, jika di tashrif menjadi ”kafaro-yakfuru-kufron”.

Sedangkan lafadz “Mukaffir” itu isim fail tsulasi mazid dari madzi ‘Kaffaro, jika di tashrif menjadi “Kaffaro-yukaffiru-takfiiron”.

Padahal maksud dia untuk mengomentari hasil Munas NU soal Kafir, tapi ternyata dia sendiri ilmu tasrif saja tidak bisa.

Lucunya itu disini, tasrifan saja tidak bisa, tapi mengomentari keputusan Bahtsul Masail Ulama NU, padahal Bahtsul Masail itu Kajian Fiqih kelas tinggi, hanya Ulama-ulama yang ber ilmu tinggi yang berani ikut diskusi ilmiyah ini.

Jika Tasrif saja tidak bisa, jauuuhh, keilmuannya masih jauh, tidak sebanding.

Tidak usah maksain melebihi Ulama NU, karena pelajaran Tasrif itu untuk anak-anak pemula di pesantren NU,  dan tasrif itu salah satu ilmu alat agar bisa memahami Kitab-kitab karya Ulama, kitab fiqih dan untuk memahami Al-Qur’an Hadits.

Baca Juga >  Ngaji Bersama Kiai Husein Cirebon di Kafe Basabasi Yogya

Ilmu Alatnya saja belum bisa, malah ngomentarin Kajian Fiqih.

Sepertinya beliau memang tidak salah ucap, akan tetapi benar-benar tidak faham tashrif, terbukti pada 2017 lalu dia nge-tweet tasrif kafir tapi keliru juga (muslimoderat)